Gusus Tugas Covid-19 Asahan Terima Bantuan APD Dari Masyarakat Tionghoa, ODP dan PDP Bertambah Satu

oleh -356 Dilihat

Asahan | Untuk kesekian kalinya Gugus Tugas Percepatan Penangan Corona Virus Disesase (Covid-19) Kabupaten Asahan kembali menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Masyarakat Tionghoa Asahan.

Bantuan diserahkan perwakilan Masyarakat Tionghoa Ngadibon diterima Ketua Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Asahan H. Surya, B. Sc., Senin (18/5/2020) di Rumah Dinas Bupati Asahan Jalan Sudirman Kisaran.

Bantuan APD yang diterima berupa Masker 3 ply protective mask 20 kotak, aximed face mask ear Loop 10 kotak, sarung tangan 5 kotak, kacamata google 48 pcs, sepatu boot 20 pasang, face shield 20 pcs, baju 20 pasang, hand sanitazer 600 botol.

Ngadibon mengarakan, bantuan tersebut merupakan partisipasi kelompoknya kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dalam menangani Covid-19.

Dia menyebut, penaganan Covid-19 bukanlah semata mata tanggung jawab pemerintah akan tetapi merupakan tanggung jawab bersama sebagai warga Negara.

Ngadibon juga menyampaikan, bahwa sebagai bentuk rasa tanggung jawabnya, pihaknya juga telah melakukan beberapa kegiatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di seputaran Kota Kisaran dengan penyemprotan desinfektan yang rutin dilakukan 2 hari sekali selama 2 bulan ke depan.

Dia berharap semoga bantuan yang diserahkan dapat bermanfaat dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Asahan.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan H. Surya, B.Sc. mengucapkan terima kasih kepada Masyarakat Tionghoa Kabupaten Asahan yang telah menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan bantuan APD kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan.

“Nantinya bantuan ini akan kami salurkan kepada para tenaga medis, dokter, Rumah Sakit rujukan dan Puskesmas yang ada di Kabupaten Asahan,” ujar Surya.

Surya uga mengatakan, dengan bantuan tersebut sangat meringankan beban Pemerintah Kabupaten Asahan serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan khususnya dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Asahan.

Turut hadir pada saat penyerahan, Suhu Hui Chong, Edhie Kosasih, Na Wie, Akiet, dan Ahong, Plt. Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo dan Kasat Pol PP.

Data Up Date Covid-19 Asahan

Data terbaru (Update) Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Asahan per 18 Mei 2020 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masing-masing bertambah 1 orang, sedangkan Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tidak mengalami perubahan.

Sebelumnya, data ODP 3 orang menjadi 4 orang, PDP 3 orang menjadi 4 orang da positif Covid-19 tetap 2 orang.

Demikian disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar S. Sos. M. Si, kepada wartawan melaui siaran persnya, Senin (18/5/2020) di Kisaran.

Hidayat menyampaikan, bahwa data tersebut berdasarkan hasil surveilans dari seluruh Puskesmas di wilayah Kabupaten Asahan yang dikelola Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan.

Hidayat menjelaskan, dari seluruh kasus ODP, PDP dan positif tersebut tersebar di 6 Kecamatan dari 25 kecamatan yang ada di Asahan, yaitu Kecamatan Rawang Panca Arga status PDP 1 orang,  Kisaran Timur 1 ODP, 2 orang Positif (1 orang sembuh dan 1 orang telah meninggal), Air Joman 2 orang ODP, Pulau Rakyai 1 orang PDP,  Simpang Empat Nihil orang ODP, 2 orang Positif Covid -19 dimana 1 orang telah sembuh dan 1 orang dalam perawatan sedangkan di Kecamatan Meranti 1 orang ODP dan 1 orang PDP.

“Status ODP dan PDP di Asahan kini bertambah 1 orang masing-masing menjadi 4 orang dan Pasien Positif juga 4 orang dengan rincian 1 orang sembuh, 1 orang meninggal dunia dan 2 orang dalam perawatan,” jelasnya. (Yanto).