Gugus Tugas Covid-19 Asahan-Tanjungbalai Gelar Rapat Koordinasi Pemulangan PMI dari Malaysia

oleh -
oleh

Asahan | Dalam rangka pemulangan 184 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Asahan dari Malaysia, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan – Kota Tanjungbalai menggelar rapat koordinasi, Rabu (3/6/2020) di Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 Asahan Jalan A. Yani Kisaran.

Rapat tersebut dihadiri masing-masing Ketua Gugus Tugas Asahan-Tanjungbalai H. Surya, B. Sc.dan H. M. Syahrial, S.H., M.H.,

KSOP Tanjung Balai Asahan Afrizal Tanjung. ST. M. MTr, KKP Tanjungbalai Lisdawati, ST, M. Kes, Perwakilam Imigrasi Kasi Lalu Lintas dan Ijin Tinggal Imigrasi Tanjung Balai Imam Bahri, SH, MH., Danlanal Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Dafris, M.Sc.,(M.S), Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S. Sos. dan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si. serta instansi terkait dari masing-masing pemerintahan.

Pada kesempatan itu, Surya mengatakan, belajar dari pengalaman Gugus Tugas Kota Tanjungbalai yang telah lebih dahulu memulangkan PMI dari Malaysia, Gugus Tugas Pemkab Asahan meminta masukan dari Pemkot Tanjungbalai terkait hal tersebut.

Surya juga menyampaikan, bahwa rapat yang dilaksanakan merupakan lanjutan dari rapat sebelumnya tentang pemulangan PMI asal Asahan yang berada di Malaysia, dan untuk  saling bertukar informasi dan bekerjasama tentang  tata cara pemulangan PMI yang telah dilakukan Kota Tanjungbalai.

“Kegiatan pemulangan PMI asal Asahan yang berada di Malaysia merupakan kegiatan kemanusiaan dan pemulangan dan atas permintaan dari PMI itu sendiri melalui surat dan video yang dikirimkan kepada Pemerintah Kabupaten Asahan serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan,” ungkap beliau.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Tanjung Balai H. M. Syahrial, SH, MH mengatakan, bahwa dalam pemulangan PMI ini, Pemerintah Kabupaten Asahan harus melengkapi administrasi yang dibutuhkan sehingga nantinya dalam proses pemulangan para PMI tersebut tidak mengalami kendala, baik itu administrasi di Negara kita Indonesia maupun di Negara Malaysia.

Syahrial menyampaikan, agar antara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dan Tanjung Balai selalu melakukan koordinasi. Dan semoga niat dari Pemerintah Kabupaten Asahan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dalam pemulangan PMI ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

Kembali Surya menyahuti permintaan Wali Kota Tanjungbalai, bahwa untuk pemulangan PMI asal Asahan, pihaknya akan menyiapkan seluruh administrasi yang diperlukan untuk proses pemulangan tersebut dan juga telah membuat tim koordinator lapangan yang berada di Malaysia.

Selain itu beliau juga mengatakan dalam pemulangan PMI ini kita akan mengikuti protokol kesehatan sehingga proses pemulangan PMI ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan.

Menutup sambutannya Surya, berharap kepada seluruh unsur yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Tanjung Balai dan instansi terkait dapat membantu pemulangan PMI tersebut. (Yanto).