Era Adaptasi Kebiasaan Baru, Bupati Asahan Imbau Masyarakat Waspada

oleh -

Asahan | Bupati Asahan H. Surya, B. Sc. mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai penyebaran dan penularan Corona Virus Disease (Covid-19) di tengah kehidupan masyarakat, kendati memasuki era Adaptasi Kebiasaan Baru.

Peringatan itu disampaikan Bupati saat menghadiri dan membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TP PKK Kabupaten Asahan, Rabu (22/7/2020) di Aula Pos Yandu Bina Senja Desa Tinggi Raja Kecamatan Tinggi Raja Asahan.

“Pada masa adaptasi kebiasaan baru pandemi Covid-19 ini, kita harus tetap waspada, memakai masker ketika ke luar rumah, hindari kerumunan dan menjaga jarak,” tegasnya.

Surya juga mengatakan, Pos Yandu harus menjadi bagian dari pemberdayaan masyarakat dalam membentuk paradigma sehat. Diharapkan dapat menjadi wahana partisipasi masyarakat yang mandiri dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga khususnya dalam rangka menurunkan angka kematian ibu, bayi dan balita serta penanggulangan stunting pada masa balita.

Bupati mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan yang telah menginisiasi kerjasama dengan CSR Irian Market melalui dompet dhuafa sehingga terbentuk ruang terbuka rumah anak di Pos Yandu Bina Senja Desa Tinggi Raja.

“Saya berharap dengan adanya fasilitas ini semakin menambah semangat kader PKK, kader BKB dan kader Pos Yandu dalam membantu Pemerintah Kabupaten Asahan menciptakan generasi yang sehat,” ujar Surya usai meresmikan Ruang Terbuka Anak Pos Yandu.

Sementara, Ketua TP PKK Asahan Ny Hj Titiek Sugiharti Surya menyampaikan, bahwa kegiatan Rakornis tersebut, selain untuk pembinaan kepada TP PKK Kecamatan Tinggi Raja, juga sebagai wahana untuk membina dan mengimbau masyarakat agar tetap melakukan protokol kesehatan dalam menghadapi Covid-19.

Titiek mengatakan, dalam waktu dekat ini akan diadakan Jambore Kader PKK menggunakan media daring dalam rangka penerapan physical distancing.

Kepada narasumber, Titiek berharap agar dapat memberikan materi pembinaan peserta rakornis dan masyarakat dengan sederhana mengingat latar belakang para peserta yang beragam.

Sebagai narasumber, Kadis Pendidikan Drs. H. Sopyan, M. Pd., Kadis PMD M. Azmy Ismail, A.P., M.Si. dan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Elfina br. Tarigan. Tampak hadir, para ketua PKK Kecamatan se-kabupaten Asahan, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Desa Tinggi Raja dan pengurus serta masyarakat. (Yanto).