dr Susanti Dapat Penghargaan Siddhakarya Tingkat Sumut Tahun 2022 

oleh -36 Dilihat
dr Susanti Dapat Penghargaan Siddhakarya Tingkat Sumut Tahun 2022
Keterangan foto : Wali Kota Pematang Siantar saat disematkan lencana Siddhakarya oleh Gubsu Edy Rahmayadi,di rumah Dinas Gubsu, Selasa (15/11/2022).(beritanusa/ Ist)

Pematang Siantar | Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menerima Lencana Siddhakarya Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2022. Selain dr Susanti, dua perusahaan yang ada di Kota Pematang Siantar menerima Penghargaan Produktivitas Siddhakarya Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2022. Dua perusahaan dari Kota Pematang Siantar tersebut yakni PT Pabrik Es Siantar dan UD Artha.

Anugerah diserahkan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Selasa (15/11/2022) mulai sekitar pukul 08.30 WIB.

Siddhakarya berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya karya prima. Siddhakarya merupakan penghargaan produktivitas yang diberikan oleh gubernur di setiap tahun genap. Anugerah tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah dalam memotivasi dunia usaha agar terus berupaya menerapkan prinsip-prinsip efektivitas, efisien, kualitas, dan ramah lingkungan dalam usahanya. Dengan begitu  tetap produktif dan semakin meningkat produktivitasnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut H Baharuddin Siagian dalam laporannya mengatakan, penyerahan penghargaan Produktivitas Siddhakarya Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2022 kepada industri, terutama usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas serta daya saing perusahaan. Sehingga dapat berperan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan pekerja dan masyarakat.

Baca Juga : Bupati Simalungun dan Mantan Kadis Pendidikan Minta Maaf

Juga memberikan pengakuan dan penghargaan kepada perusahaan kecil menengah dan besar yang telah berhasil dalam peningkatan produktivitas dan dapat dijadikan teladan serta percontohan standar keberhasilan bagi perusahaan-perusahaan lainnya yang ada di provinsi Sumut.

Metode penilaian antara lain menyangkut kepemimpinan, perencanaan strategis produktivitas, fokus pada perkembangan manajemen dan sumber daya manusia, pelanggan, perluasan pasar, data dan informasi, analisis serta manajemen proses hasil usaha dan produktivitas.

Sedangkan peserta antara lain perusahaan-perusahaan kecil menengah dan besar yang mendaftar secara online. Selanjutnya dilakukan verifikasi dokumen data oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) Republik Indonesia dan Disnaker Provinsi Sumut.

Ada enam nominasi perusahaan penerima Penghargaan Siddhakarya Provinsi Sumut Tahun 2022 Kategori Unggul, yaitu PT Pasific Medan Industri, PT Indofood Sukses Makmur Tbk,  PT Pasar Swalayan Maju Bersama, PT Pabrik Es Siantar dan PTLSU Siantar, CV Mandiri Kopi, dan UD Artha.

Sedangkan Penghargaan Siddhakarya untuk Kategori Berkembang, yakni PT Tanimas Soap Industries,  PT Adimulia Sarimas Indonesia, dan CV Jaya Kencana. 

Selanjutnya, kepada wali kota dan bupati sebagai pembina, yakni Wali Kota Medan, Wali Kota Pematang Siantar diberikan Lencana Produktivitas oleh Gubernur Sumut. 

Diharapkan ke depan perusahaan penerima Penghargaan Produktivitas dan Karya Kategori Unggul dan Berkembang dapat menginspirasi perusahaan-perusahaan lain untuk ikut dalam persaingan di tahun 2023.

“Semoga perusahaan yang hari ini telah menerima penghargaan, akan mendapatkan penghargaan tingkat nasional dalam penghargaan Paramakarya yang akan diserahkan Bapak Presiden Republik Indonesia di Istana Negara,” terangnya.

Baca Juga : Sat Lantas Polresta Deli Serdang Lakukan Penimbunan dan Himbau Masyarakat Berhati – Hati

Sementara itu, Gubernur Sumut menyampaikan, Penganugerahan Siddhakarya adalah penghargaan kepada perusahaan yang berhasil meningkatkan produktivitas selama tiga tahun berturut-turut. 

“Sedangkan tujuan pemberian penghargaan tersebut untuk mendorong dunia usaha khususnya UKM dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas serta daya saing perusahaan,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Edy Rahmayadi berharap perusahaan penerima penghargaan Siddhakarya Kategori Unggul dan Berkembang dapat menginspirasi perusahaan lain untuk ikut dalam persaingan di tahun 2023.

Wali Kota Pematang dr Susanti Dewayani SpA berharap perolehan penghargaan tersebut dapat memicu perusahaan-perusahaan lainnya untuk dapat lebih meningkatkan produktivitas demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kota Pematang Siantar. 

“Ke depannya kita akan melakukan pembinaan tingkat lanjut agar para penerima penghargaan dapat kita ikutkan ke tahap nasional,” sebut dr Susanti.

Sementara itu, Manajer PT Pabrik Es Siantar,  Robinson MontesQiu Matondang dan pimpinan UD Artha Remita Gultom mengaku bangga dengan penghargaan yang mereka terima. Apalagi penghargaan tersebut dari Pemerintah Provinsi Sumut.

Keduanya sama-sama berharap, ke depannya pemerintah lebih perhatian kepada pelaku usaha agar bisa semakin berkembang dan produktif. (Susan)