Diyakini Tidak Ada Permasalahan, Pemkab Nias Barat Salurkan Bantuan JPS Di Kec.Sirombu

oleh -

Nias Barat | Pemerintah Kabupaten Nias Barat menyalurkan bantuan SEMBAKO Jaringan Pengaman Sosial (JPS) Provinsi Sumatera Utara sebagai wujud nyata kepedulian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak Covid-19 di wilayah Kecamatan Sirombu yang di launching dan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Nias Barat; bertempat di Balai Pertemuan Kantor Camat Sirombu (Rabu 20 Mei 2020).

Hadir dalam aksi Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Nias Barat dalam menyalurkan bantuan SEMBAKO Jaring Pengaman Sosial (JPS) Provinsi Sumatera Utara ini, antara lain Wakil Bupati Nias Barat Bapak Khenoki Waruwu selaku Wakil Ketua Gugus, Asisten I Drs. Darman Gulö, Asisten II Yupiter Hia, S.IP.,MM, Asisten III Rosedi Daeli, SE.,MM, Kadis Sosial Drs. Ekonomi Daeli, MM (selaku Ketua Tim Penyaluran), Kadis Kominfo Faigizatulö Halawa, S.Pd.,MM selaku Wakil Ketua tim Penyaluran, Kadis Perhubungan Drs.Töröziduhu Mendröfa. dan Kasat-Pol PP Yobedi Gulö, S.IP.,MM.

Hadir juga Camat Sirombu Rosevelt Hia, S.Pd.,MM, Kapolsek Sirombu Ipda. Osiduhugö Daeli, Danramil Sirombu Kapten.Inf. Aman Simbolon  serta seluruh Kades dan BPD se-Kecamatan Sirombu serta sejumlah Tokoh Masyarakat Kec.Sirombu.

Dalam laporannya Kadis Sosial Drs. Ekonomi Fadli, MM menjelaskan jenis bansos yang diterima masyarakat terdampak Covid-19 baik dari Kemensos RI berupa Bantuan Sosial Tunai (BST), Bansos Gubernur (JPS Pemprovsu) Bansos Pangan Kabupaten dan BLT Desa. Juga Bansos Tunai bagi Hamba Tuhan, PKH dan Sembako rutin dari Kemensos RI.Dan bansos yang di launching hari ini yakni Bantuan sembako JPS Gubernur Sumut berupa Beras 10 kg, Gula 2 kg, Minyak Makan 1 liter, Susu 1 kaleng dan Mie Instan 20 bungkus, tutur Ekonomi Daeli.

Sambutan mewakili BPD se-Kecamatan Sirombu oleh BPD Tögimbögi Fasiwata Hia menyampaikan terimakasihnya dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah yang telah bersusah payah memperjuangkan nasib masyarakat melalui berbagai jenis bantuan sosial yang ada, pungkasnya.

Sambutan mewakili Forkompika Sirombu oleh Kapolsek Sirombu Ipda. Os Daeli menyampaikan himbauan sekaligus harapan terutama kepada kepala desa dan jajarannya bahwa pembagian bansos kepada masyarakat diyakini tidak ada permasalahan berhubung data penerima bansos ini bersumber dari Data Kepala desa sendiri. Oleh karenanya, berikanlah pemahaman kepada masyarakat kita, supaya proses pembagian bansos ini berjalan dengan baik tanpa diwarnai berbagai permasalahan, harap Kapolsek Sirombu.

Dalam arahan tugasnya; Wakil Bupati Nias Barat menyampaikan “kalau hari ini kembali bertemu diruangan  ini lagi, setelah dua hari yang lalu kita launching Bansos Tunai (BST) dari Kemensos yang dilanjutkan rapat bersama MUI terkait penyambutan Perayaan Idul Fitri.

Lebih lanjut disampaikan Wakil Bupati bahwa sengaja hari kita pilih kecamatan Sirombu karena banyak saudara-saudara kita Muslim yang sebentar lagi merayakan lebaran hari Raya Idul Fitri 1441 H, sehingga dengan kita salurkan bansos Pemprovsu hari ini, maka masyarakat kita dapat memanfaatkannya pada situasi yang tepat, ujar Wabup.

Masih Wakil Bupati bahwa kita berharap pembagian bansos ini utuh dan benar-benar sampai ditangan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan pendistribusian di desa masing-masing dikawal oleh Personil TNI/Polri dan Satpol PP serta tim Gugus lainnya. Dan, sebelum diserah-terimakan kepada keluarga penerima terlebih dahulu di uji dan di timbang serta dipastikan apakah jumlah dan takaran barang yang diterima sudah sesuai atau tidak, tandas Wabup.

Diakhir arahannya Wakil Bupati menegaskan bahwa dalam pembagian bansos, selalu kita pedomani data yang ada dan tentu data ini bersumber dari data yg diajukan Kepala Desa masing-masing desa, Namun demikian, siapa-siapa keluarga yang belum sempat tercover dalam bansos JPS Gubsu ini, akan kita cover pada bansos pangan Kabupatèn yang 6000 paket dan akan segera kita distribusiakan dengan jumlah dan jenis barang yang sama, maka dengan dengan demikian saya yakin tidak ada masalah, tegas Wabup Nias barat.(Yunianto)