Data Up Date Covid-19 Asahan, PDP 4, Positif 9

oleh -

Asahan | Data terbaru (up date) Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Asahan hari 28 Juni 2020, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 4 kasus, sedangkan kasus positif Covid-19 sebanyak 9 kasus.

Data tersebut bersumber dari Surveilans seluruh Puskesmas yang dikelola Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan pada hari dan tanggal yang sama.

Demikian disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan H. Rahmad Hidayat Siregar, S. Sos., M. Si. dalam siaran persnya, Minggu (28/6/2020) di Kisaran.

Hidayat menjelaskan, sebelumnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Asahan sebanyak 14 kasus. Namun saat ini telah mengalami penurunan dengan rincian, tiga orang telah sembuh, 2 orang meninggal dunia dan 9 orang masih dirawat di rumah sakit rujukan di Medan.

Lanjut Hidayat, sedangkan untuk 4 kasus PDP mengalami kenaikan, sebelumnya 2 kasus naik menjadi 4 kasus.

Terkait penyebaran kasus, Hidayat mengatakan, 4 PDP menyebar di tiga wilayah kecamatan, yakni 1 kasus di Kecamatan Kota Kisaran Timur, 2 kasus di Kecamatan Kota Kisaran Barat dan 1 kasus di Kecamatan Buntu Pane.

Untuk 9 kasus positif Covid-19 menyebar di enam kecamatan, yakni 1 kasus di Kecamatan Rawang Panca Arga, 2 kasus di Kecamatan Kota Kisaran Timur, 3 kasus di Kecamatan Kota Kisaran Barsat, 1 kasus di Kecamatan Sei Dadap, 1 kasus di Kecamatan Buntu Pane.

“Baik kasus PDP dan positif Covid-19, sebagian masih menjalani isolasi mandiri dan dalam perawatan di rumah sakit rujukan Medan sesuai standar badan kesehatan dunia (WHO).

Hidayat kembali menyampaikan imbauan, agar masyarakat tetap patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan cara memakai masker jika sedang malakukan aktifitas di luar rumah, sering cuci tangan pakai sabun seusai kegiatan, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup serta mengonsumsi buah dan sayuran segar. (Yanto).