Data Up Date Covid-19 Asahan, ODP 4, PDP 3, Positif 2

oleh -

Asahan | Data terbaru (Up date) Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Asahan hari ini Kamis 14 Mei 2020, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 4 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 3 orang dan 2 orang Positif Covid-19.

Demikian disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S. Sos., M. Si. melaui siaran persnya, Kamis (14/5/2020) di Kisaran.

Hidayat menjelaskan, penambahan 1 kasus PDP atas nama TS (61) warga dusun II pasar VI Kecamatan Rawang Panca Arga setelah pasien diuji Rapid Tes di Rumah Sakit Elisabeth Medan.

Hidayat menjelaskan, sebelumnya TS mengalami demam tinggi dan batuk kemudian betobat ke Rumah Sakit Haji Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran. Namun karena tak kunjung membaik, akhirnya betobat ke Rumah Sakit Elisabeth di Medan.

“Hasil dari uji Rapid Tes di Rumah Sakit Elisabeth Medan,  TS dinyatakan reaktif Covid-19 dan dinaikkan statusnya sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” kata Hidayat.

Dengan demikian, kata Hidayat, kasus PDP di Kabupaten Asahan menjadi 3 orang dari sebelumnya 2 orang. Untuk kasus ODP terjadi penurunan 2 kasus dari sebelumnya 6 menjadi 4 orang sedangkan positif Covid-19 ada 4 orang dengan rincian 1 orang sembuh, 2 orang dalam perawatan dan 1 orang meninggal dunia.

Menurut Hidayat, data terbaru Covid- 19 tersebut berdasarkan data Surveilans dari seluruh Puskesmas di Asahan yang dikelola Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan meng-update penyebaran kasus ODP,  PDP dan positif Covid- 19 terdapat di 5 kecamatan.

Untuk kasus ODP penyebarannya di 3 Kecamatan, yaitu Kota Kisaran Timur 2 orang, Air Joman 1 orang, dan Meranti 1 orang. Untuk kasus PDP menyebar di 3 kecamatan, yaitu Pulau Rakyat 1 orang, Kisaran Timur 1 orang dan Rawang Panca Arga 1 orang. Kasus positif Covid-19 menyebar di 2 kecamatan, yaitu Kisaran Timur 1 orang dan Simpang Empat 1 orang.

“Saat ini, kasus Covid- 19 di Asahan ODP 4 kasus, PDP 3 kasus, 4 orang positif dengan rincian 1 orang sembuh, satu orang meninggal dunia dan 2 orang tengah menjalani perawatan Rumah Sakit di Medan,” tegas Hidayat.(Yanto).