Capai 24 Persen, Pemkab Asahan Dapat Penghargaan dari BPS

oleh -

Asahan | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan mendapat penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat. Penghargaan itu disampaikan Kepala BPS Kabupaten Asahan Dra. Minda Flora Ginting, M. M. dan diterima Bupati Asahan H. Surya, B. Sc., Rabu (2/9/2020) di ruang kerja Bupati Asahan Jalan Jendral Sudirman Kisaran.

Penghargaan tersebut, terkait dengan kesuksesan pelaksanaan sensus penduduk secara online di Kabupaten Asahan yang mencapai  hingga 24,86 persen dari 183.323 penduduk sebagai responden.

Dari hasil sensus penduduk yang dilaksanakan periode Februari sampai Mei 2020 itu, Pemkab Asahan paling banyak dan lengkap daftar isiannya, sehingga BPS mendapatkan lebih banyak informasi terkait kependudukan di Kabupaten Asahan.

Penghargaan dari BPS Pusat ini terkait dengan sensus penduduk online dalam kategori Penduduk Terbanyak Melakukan Sensus Penduduk secara Online dan Kategori Kelengkapan Isian sebagai peringkat Ketiga Tingkat Sumatera Utara,” ujar Minda.

Bupati Asahan H. Surya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Asahan yang telah berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online selama Periode Februari hingga Mei 2020.

“Kegiatan Sensus Penduduk Online tersebut telah berhasil mengumpulkan informasi dari 183.323 Penduduk atau 24,86 % dari total penduduk Asahan, jumlah penduduk tersebut berasal dari 45.889 Keluarga atau 24,65 % dari total keluarga di Kabupaten Asahan” ungkap Surya.

Keberhasilan ini sebagai bukti nyata, bahwa penduduk Kabupaten Asahan telah menjadi sponsor pembangunan secara aktif. Dengan prestasi itu, dapat dikatakan bahwa penduduk Kabupaten Asahan sudah tak lagi asing dengan perkembangan teknologi yang kian pesat perkembangannya.

Ditambahkan, Bulan September BPS akan melakukan Sensus Penduduk 2020, petugas sensus akan memberikan dokumen Pendataan ke setiap Keluarga/individu yang belum melakukan sensus penduduk Online.

Dokumen tersebut akan diisi secara mandiri bagi penduduk tersebut dan kemudian akan diambil lagi petugas Sensus, untuk itu diharapkan kepada masyarakat untuk mengisinya dengan data yang jujur dan akurat.

“Pengisian data yang jujur dan Akurat akan menentukan arah pembangunan Kabupaten Asahan dan Indonesia kedepan” tegas Bupati.

Kepada seluruh Pimpinan OPD, Camat, Kades/Lurah agar berpartisifasi aktif dalam kegiatan Sensus Penduduk 2020 sesuai dengan kewenangannya masing masing.

Kepada seluruh Kadus maupun Kepling agar turut mendampingi petugas sensus saat pelaksanaan pemeriksaan daftar penduduk dan saat verifikasi di lapangan.

“Pada kesempatan ini juga saya ucapkan terima kasih kepada BPS Kabupaten Asahan atas kerja kerasnya dalam melakukan kegiatan sensus penduduk 2020 di Kabupaten Asahan” Ucap Bupati.

Bupati juga mengingatkan kepada seluruh petugas sensus penduduk 2020 untuk tetap mematuhi Protokol Penanganan Civid-19 selama di lapangan.

“Semoga sensus penduduk 2020 September berjalan lancar dan memperoleh hasil sesuai yang diharapkan,” tutup Surya.(Yanto).