Bupati & Wakil Bupati Nias Barat Salurkan Bantuan Sosial JPS Provinsi di Kec. Mandrehe

oleh -

Nias Barat |Pemerintah Kabupatèn Nias Barat  salurkan Bansos JPS Pemprovsu di wilayah Kecamatan Mandrehe kabupaten Nias barat,langsung dipimpin Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd.Dan Wakil bupati Khenoki waruwu yg bertempat di  Kantor Camat Mandrehe Rabu 27-Mei-2020.

Dalam acara ini Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd selaku Ketua Gugus & Wakil Bupati Nias Barat Bapak Khenoki Waruwu selaku Wakil Ketua Gugus, Sekda Nias Barat Bapak Prof. Dr. Fakhili Gulö selaku Wakil Ketua Gugus, Asisten I Drs. Darman Gulö, Asisten III Rosedi Daeli, SE.,MM, Asisten II Yupiter Hia, S.IP.,MM Staf Ahli Hadrianus Hia, S.Pd.,MM, Kaban BAPPEDA Sabahati Gulö, S.Sos, Kadis Sosial Drs. Ekonomi Daeli, MM (selaku Ketua Tim Penyaluran), Kaban BPBD Drs. Filifo Daeli, MH, Kadis Kominfo Faigizatulö Halawa, S.Pd.,MM selaku Wakil Ketua Tim Penyaluran, dan Kasat-Pol PP Yobedi Gulö, S.IP.,MM, Kadis Dukcatpil Dalizaro Waruwu, S.Pd, Plt. Ka. BKD Nehemia Daeli, S.AP, Kabag Proac Dameria Zebua, S.Pd.,MM, Camat Mandrehe Ernawati Gulö, S.Pd.,MM, Danramil 08/Mandrehe Kapten.Inf. Parluhutan Sihombing, Kapolsek Mandrehe AKP. Bruno Harefa,Ibu Camat Mandrehe Ernawati Gulo S.PD.MM,Staf kantor Camat Mandrehe,Kapus Mandrehe,Kepala2 Desa se kecamatan Mandrehe,BPD Dan Beberapa Tokoh Masyarakat Kec mandrehe.

Laporan Kadis Sosial selaku Ketua Tim Penyaluran Bansos menjelaskan bahwa bansos yang di salurkan hari ini adalah bansos JPS Provinsi Sumut wilayah Kecamatan Mandrehe sebanyak 3.546 KPM. Dalam pengadaan bansos JPS ini,Untuk menjaga kualitas barang yang dibeli maka Tim Gugus Kabupatèn Nias Barat telah manjalin kerjasama dengan Perum Bulog Cabang Nias di Gunungsitoli. Setiap penyaluran bansos harus di “UJI Petik” bahan pangan JPS yang akan dibagikan kepada masyarakat  Hari ini 1. 10 Kg beras Prenium Merek Beras Kita.

2.  1 Kg Minyak goreng.

3.  1 Kaleng Susu cap Tiga sapi.

4.  2 Kg Gula putih.

5. 20 Buah Endomie Insant

yg bertujuan memastikan volume, takaran dan jumlah bahan yang dibagi. Sedangkan mulai dari Gudang Bulog hingga ke rumah-2 penduduk dikawal habis oleh TNI/Polri, Satpol PP dan Tim Gugus lainnya serta biaya angkutan/transporrasi barang mulai dari Bulog hingga kepada warga yang menerima ditanggung oleh Gugus Kabupatèn Nias barat.

Selanjutnya sambutan mewakili Forkompika disampaikan oleh Danramil 08/Mandrehe Kapten.Inf. Parluhutan Sihombing yang menghimbau masyarakat penerima bansos agar menjaga ketertiban selama proses penyaluran bansos berlangsung dan di jaga Jarak Pakai Masker di sesuaikan Protokol Kesehatan.

Arahan Bupati Nias Barat selaku Ketua Gugus yang menyampaikan bahwa pembagian bansos pemerintah harus benar-benar teliti dan jangan asal-asalan supaya tidak memicu permasalahan,dan bukan sengaja diperlambat tetapi kita bagi secara bertahap karena bukan hanya satu jenis bansos yang kita bagi. Bansos ini hanya setetes embun di tengah lautan samudera artinya bansos ini hanya sedikit dan tidak menjawab kebutuhan masyarakat secara keseluruhan. Oleh karna itu, kepada para Media/wartawan dihimbau untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui berita-2 yang ditulis, ujar Bupati.

Selanjutnya Bupati mengatakan bahwa Kita langsung kerjasama dengan Bulog dan sedikit beda dengan yang lain demi mendapatkan kualitas bahan/barang yang dibagikan serta sebelum diserahkan kepada keluarga penerima, terlebih dahulu di uji petik jumlah, takaran dan kualitas barang seperti Beras Premium 10 kg, Gula 2 kg, Minyak Makan 1 liter, Susu 1 kaleng dan Mie Instan 20 bungkus. Sementara proses penyaluran dan pembagian hingga kepada warga penerima, akan dikawal oleh Polri/TNI, Satpol PP dan Tim Gugus Kabupatèn, jelas Bupati.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati bahwa jenis-2 bansos yang telah, sedang dan akan dibagi kepada masyarakat mulai dari bansos Kemensos RI berupa Bantuan Sosial Tunai (BST), Bansos Gubernur (JPS Pemprovsu) Bansos Pangan Kabupaten dan BLT Desa. Juga Bansos Tunai bagi Hamba Tuhan, PKH dan Sembako rutin dari Kemensos RI, papar Bupati.

Diakhir arahan tugasnya, Bupati menghimbau masyarakat silahkan Menanam tanaman, tanam pisang, ubi, talas dan jenis tanaman lainnya sebagai upaya dalam menghadapi kondisi saat ini, himbau Bupati. Kata Penutup dari Camat Mandrehe Ernawati Gulo S.P.D. MM yang mewakili 3.546 dan 20 kepala desa mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Nias Barat yang telah memfasilitasi penyaluran bansos bagi warga kecamatan Mandrehe. Selanjutnya Camat Mandrehe memandu pembagian masker bagi 20 desa wilayah kecamatan Mandrehe. (Yunianto waruwu).