Bupati & Wabub Nias Barat Menyalurkan Bantuan sosial JPS Provinsi Sumut di Kec Lahomi

oleh -

Nias Barat | Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd; pimpin acara Launching Penyaluran Bansos JPS Pemprovsu di wilayah Kecamatan Lahömi bertempat Aula Kantor Camat Lahömi.

Hadir dalam acara ini Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd selaku Ketua Gugus & Wakil Bupati Nias Barat Bapak Khenoki Waruwu selaku Wakil Ketua Gugus, Sekda Nias Barat Bapak Prof. Dr. Fakhili Gulö selaku Wakil Ketua Gugus, Asisten I Drs. Darman Gulö, Asisten III Rosedi Daeli, SE.,MM, Staf Ahli Hadrianus Hia, S.Pd.,MM,  Kadis Sosial Drs. Ekonomi Daeli, MM (selaku Ketua Tim Penyaluran), Kaban BPBD Drs. Filifo Daeli, MH, Kadis Kominfo Faigizatulö Halawa, S.Pd.,MM selaku Wakil Ketua Tim Penyaluran, Kadis Perhubungan Töröziduhu Mendröfa, SE.,M.Si. dan Kasat-Pol PP Yobedi Gulö, S.IP.,MM, Kadis Pendidikan Drs. Börödödö Gulö, Plt. Ka. BKD Nehemia Daeli, S.AP, Sekdis Pertanian Herti Hia, SE, Plt. Kadis Pariwisata Elvira Manik, SE, Kabag Proac Dameria Zebua, S.Pd.,MM, Camat Lahömi Kharasi Daeli, S.Sos.,MM, Danramil 09/Sirombu Kapten.Inf. Aman Simbolon.

Laporan Kadis Sosial selaku Ketua Tim Penyaluran Bansos menjelaskan bahwa bansos yang di launching hari ini adalah bansos JPS Provinsi Sumut wilayah Kecamatan Lahömi sebanyak 1.391 KPM. Dalam pengadaan bansos JPS ini Tim Gugus Kabupatèn Nias Barat kerjasama dengan Perum Bulog Cabang Nias di Gunungsitoli.

Setiap penyaluran bansos harus di “uji petik” bahan pangan JPS yang akan dibagikan kepada masyarakat. Sedangkan mulai dari Gudang Bulog hingga ke rumah-2 penduduk dikawal habis oleh TNI/Polri, Satpol PP dan Tim Gugus lainnya.

Selanjutnya sambutan mewakili Forkompika disampaikan oleh Danramil 09/Sirombu yang menegaskan keberadaan data penerima bansos yang banyak menimbulkan permasalahan di tingkat desa. Untuk itu, sudah menjadi kebijakan Gugus Kabupatèn bahwa siapa2 yang namanya tidak atau belum terdata pada bansos JPS hari ini, akan ditanggung dalam bansos Kabupaten yang paling lambat dua minggu lagi akan disalurkan, tandas Danramil 09/Sirombu.

Arahan tugas dari Bupati Nias Barat selaku Ketua Gugus yang menyampaikan bahwa bansos ini hanya setetes embun di tengah lautan samudera artinya bansos ini hanya sedikit dan tidak menjawab kebutuhan masyarakat secara keseluruhan. Kentungan kita karena langsung kerjasama dengan Bulog dan sedikit beda dengan yang lain serta sebelum diserahkan kepada keluarga penerima, terlebih dahulu di uji petik jumlah, takaran dan kualitas barang yang akan dibagikan kepada masyarakat. Adapun jenis bahan pangan yang akan dibagi hari ini yakni Beras 10 kg, Gula 2 kg, Minyak Makan 1 liter, Susu 1 kaleng dan Mie Instan 20 bungkus. Sementara proses penyaluran dan pembagian hingga kepada warga penerima, akan dikawal oleh Polri/TNI, Satpol PP dan Tim Gugus Kabupatèn, jelas Bupati.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati bahwa jenis-2 bansos yang telah, sedang dan akan dibagi kepada masyarakat mulai dari bansos Kemensos RI berupa Bantuan Sosial Tunai (BST), Bansos Gubernur (JPS Pemprovsu) Bansos Pangan Kabupaten dan BLT Desa. Juga Bansos Tunai bagi Hamba Tuhan, PKH dan Sembako rutin dari Kemensos RI, papar Bupati Lanjut Bupati

Diakhir arahan  Bupati menghimbau masyarakat silahkan menanam tanaman, tanaman pisang, ubi, talas dan jenis_jenis lainya, tanaman lainnya sebagai upaya dalam menghadapi kondisi saat ini,

Wakil Bupati Nias Barat Khenoki waruwu Menegaskan pada bantuan ini Saya Tegaskan Ini  Anggaran Dari APBD provinsi Sumut Bukan uang pribadi Bupati dan wakil bupati,,,hanya kami Mengawasi dan menjalankan Gugus Tugas penangan Covid 19 Dalam Hal ini Tegas wabub dan di himbau kepala desa,BPD,aparat desa Dan tim Relawan gugus desa di harapkan Jalankan sesuai ketentuan.(Yunianto waruwu).