Bupati Sarkawi Melakukan Kungker Ke Banjar Negara, Ada Apa?

oleh -
Keterangan Foto : Kunjungan kerja Bupati Bener Meriah ke Banjar Negara.

Redelong | Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi didampingi Kadis Pertanian dan Peternakan Ir. Nurisman melakukan kunjungan kerja Ke Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah untuk memperdalam dan memperkuat khususnya dalam bidang Perkebunan dan Peternakan.

Kehadiran orang nomor satu dari Bener Meriah tersebut disambut langsung oleh Bupati Banjarnegara Budi Sarwono diruangan Pringitan Rumah Dinas (Pendopo) Bupati setempat.

Dalam pertemuan tersebut Sarkawi menyampaikan, sebelumnya kami dari pemerimtah Kabupaten Bener Meriah mengucapkan ribuan terimakasih atas sambutan dan keramahtamahan dalam penyambutan Kedatangan kami di Kabupaten Banjarnegara dalam rangka study banding untuk bidang Pertanian dan Perternakan, kata Bupati mengawali sambutannya.

Lebih lanjut Bupati Tgk. H. Sarkawi menjelaskan, Bener Meriah ingin belajar banyak dan menimba ilmu dari Kabupaten Banjarnegara yang sudah sangat berpengalaman dalam menerapkan bidang tersebut sehingga kami ingin menggali tentang hal itu untuk kami terapkan di daerah kami Bener Meriah,

“Kami sengaja dan ingin sekali turun ke lapangan untuk mengetahui kondisi dilapangan dan secara langsung berinteraksi dengan para petani dan peternak,” kata Bupati.

“Selama ini Kabupaten Bener Meriah sudah cukup kuat dalam membangun regulasi teerkait hal itu dengan tujuan untuk meningkatkan hasil dari perkebunan dan peternakan dengan tujuan untuk menggenjot perekonomian masyarakat kami,” tandas Bupati.

Menurut Bupati, salah satu pilar ketahanan ekonomi masyarakat kami adalah berbasis pertanian, perkebunan dan, oleh karena itu Kabupaten Banjarnegara adalah salah satu kabupaten yang cocok untuk dikunjungi sekaligus ingin belajar banyak, tambah Bupati. 

“Jika ketahanan pangannya kuat maka kesejahteraan masyarakat dapat meningkat,” ucapnya.

Perlu juga kami sampaikan, bahwa Kabupaten Bener Meriah merupakan wilayah zona pertanian, perkebunan dan Peternakan di Aceh.

“Kabupaten Bener Meriah adalah penghasil kopi Arabika terbesar di Aceh dan sudah dikenal di Mancanegara, dengan adanya kunjungan ini kami ingin menggabungkan antara petani kopi kami dengan peternakan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bener Meriah,” harap Bupati Tgk. H. Sarkawi.

Sementara Bupati Banjarnegara Budi Sarwono dalam Sambutan menyampaikan, terlebih dahulu kami dari pemerintahan Kabupaten Banjarnegar mengucapkan selamat datang kepada Bapak Bupati Bener Meriah dan rombongan yang sudah berkenan hadir dalam rangka melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banjarnegara yang mana kami juga merupakan Kabupaten hu bu. Dqpqt IBI M dataran pengunungan mungkin sama dengan Kabupaten Bener Meriah, ungkapnya.

“Dengan datangnya Bapak Bupati Bener meriah dan rombongan kami merasa bangga dan senang bisa bergabung di Kabupaten Banjarnegara ini untuk study banding di bidang pertanian dan peternakan,” jelasnya.

“Silahkan kepada rombongan dari Kabupaten Bener Meriah masri kita saling mengisi untuk potensi di Kabupaten masing – masing agar bisa berdayaguna dan berhasil guna untuk kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Dalam kesempaten tersebut Bupati Banjarnegara Budi Sarwono juga mengharapakan do’a dari Bupati Bener Meriah untuk menjadi Kabupaten yang bermartabat.

“Kami minta doa restu untuk kabupaten Banjarnegara agar bisa menjadi kabupaten yang bermartabat dan bernilai budaya tinggi,” pungkasnya.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan dari Kadis Pertanian dan Peternakan Banjarnegara tentangt pengembangan kawasan pertanian dan peternakan di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Sedangkan kadis Pertaian dan pangan Kabupaten Bener Meriah memaparkan profil tentang tanaman kopi Arabika Gayo di Bener Meriah.

Sebelumnya, Bupati Sarkawi didampingi ketua PKK Ny. Nikmah Sarkawi dan rombongan berkunjung ke lokasi peternakan, di Kabupaten Banjar Negara.

Pada kesempatan itu pemerintah daerah Bener Meriah ingin menjajaki pertanian, peternakan serta Parawisata, hasil kunjungan ini dapat dijadikan referensi untuk Bener Meriah karena potensi alam yang ada di daerah tersebut hampir sama dengan daerah pemekaran Aceh Tengah ini.

Selanjutnya, rombongan bupati mengunjungi lokasi peternakan Domba yang dikelola oleh kelompok tani setia di Kabupaten tersebut.

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain, Dandim 0704/Bna Letkol Arh Sujaedi Faisal.ST,M.Han. Sekda Kabupaten Banjarnegara Drs Indarto Msi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjarnegara Totok Setia winarna, Kepala BPKAD drs Dwi Suryanto Msi, Kabag Umum drs. Karnoto, Kepala BKD Kabupaten Banjarnegara Yusup agung prabowo SH.M Si. Kabid. Pertanian dan Pertenakan Bener Meriah Ismail. (Rahman)