Bupati Asahan dan Forkopimda Tinjau Pos Penyekatan Larangan Mudik

oleh -
Bupati Asahan dan Forkopimda Tinjau Pos Penyekatan Larangan Mudik
Keterangan foto : Bupati Asahan H. Surya, B. Sc. dan Forkopimda Tinjau Pos Penyekatan Mudik, Kamis (6/5/2021). Foto : Rizki/beritanusa.

Asahan | Dalam rangka memastikan kesiapan  Pos Penyekatan Arus Mudik di Wilayah Kabupaten Asahan, Bupati Asahan H. Surya, B. Sc., bersama Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, Kapolres Asahan, Dandim 0208/AS, Kepala Kejaksaan Negeri Kisaran, Ketua PN, Danlanal TB/AS, Danyonif 126/KC meninjau langsung Pos Penyekatan Larangan Mudik Lebaran di pintu masuk dan keluar wilayah Kabupaten Asahan, Kamis (6/5/2021).

Bupati Asahan H. Surya, B. Sc.  mengatakan, saat ini Fokopimda Kabupaten Asahan  turun lengkap dalam rangka menninfaklanjuti instruksi Kapolri terhadap larangan mudik yang dimulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.

Semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri dan untuk mengantisipasi para pemudik yang akan berlebaran di kampung halaman, hal yang sama dilakukan jajaran Polres Asahan, Dinas Perhubungan bekerjasama dengan TNI, Pol PP  serta Dinas Kesehatan melaksanakan penyekatan di jalur masuk dan keluar wilayah Kabupaten Asahan.

“Kabupaten Asahan  memulai penyekatan pada Kamis 6 Mei 2021 di semua pintu masuk ke Kabupaten Asahan,” ungkapnya.

Menurut Bupati, hal itu dilakukan untuk menjaga masyarakat Kabupaten Asahan agar tetap sehat dan terhindar dari Covid-19. Penyekatan akan dilakukan secara berjenjang sampai ke tingkat kecamatan. Apabila ternyata sudah terlanjur ada pemudik yang sampai ke kampung halaman, mereka akan didatangi petugas untuk dilakukan test swab antigen.

“Penyekatan serentak akan dimulai  tanggal 6 Mei 2021 sampai dengan 17 Mei 2021. Dan tidak ada toleransi bagi pemudik. Semua akan diminta untuk putar balik,” tegasnya.

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K. mengatakan, pemeriksaan akan dilakukan kepada semua pelintas dari luar daerah yang melewati wilayah Kabupaten Asahan. Di tempat penyekatan juga disediakan petugas kesehatan untuk melakukan tes swab bagi mereka yang melintas.

“Saya meminta kepada masyarakat yang akan mudik, untuk menunda dulu sampai pandemi Covid-19 ini mereda. Silaturahmi untuk sementara bisa dilakukan melalui alat telekomunikasi,” imbaunya menegaskan. (Rizki).