Buang Bungkus Rokok Sampoerna Berisi Sabu, DRS “Dikutip” Polisi

oleh -
Buang Bungkus Rokok Sampoerna Berisi Sabu, DRS "Dikutip" Polisi
Keterangan Foto : Pelaku DRS dan Barang Bukti Berupa Sabu, Hand Phone dan Kotak Rokok Sampoerna Diamankan Sat Res Narkoba Polres Asahan. Foto : Yanto/beritanusa.

Asahan | Sial bagi DRS (43) warga Jalan Tengku Umar Kecamatan Kota Kisaran Barat Kabupaten Asahan Sumatera Utara “dikutip” (diamankan) Tim Opsnal Sat Res Narkoba Polres Asahan pada Selasa 7 September 2021 malam di Jalan Cokroaminito Kisaran.

DRS ditangkap Sat Res Narkoba Polres Asahan karena ketahuan membuang bungkus rokok Sampoerna diduga berisi Narkotika jenis Sabu di dekat Kantor BCA Kisaran.

Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K., M.H. didampingi Kasat Narkoba AKP Nasri Ginting, S.H. saat dikonfirmasi Wartawan, Senin (13/9/2021) malam membenarkan adanya penangkapan dan pengamanan oleh Sat Res Narkoba Polres Asahan terhadap DRS warga Jalan Tengku Umar Kelurahan Kota Kisaran Barat pada Selasa malam

“DSR kita amankan pada hari Selasa tanggal 7 September 2021 malam di Jalan Cokroaminoto dekat Kantor Bank BCA Kisaran,” ungkap Kapolres. elasnya.

Putu menjelaskan, kronologis penangkapan berawal dari informasi masyarakat yang layak dipercaya, bahwa di Jalan Cokroaminoto sering dijadikan tempat transaksi Narkotika jenis Sabu.

Mendapat informasi tersebut, Sat Res Narkoba Polres Asahan melalui Tim Opsnal dipimpin Kanit I Sat Narkoba Iptu Mulyoto, S.H. melakukan penyelidikan sesuai lokasi dan target.

Pada saat melakukan penyelidikan, Tim Opsnal melihat seorang laki-laki yang mencurigakan berada di dekat Bank BCA. Selanjutnya Tim Opsnal melakukan penangkapan dan pada saat yang bersamaan pelaku membuang 1 bungkus rokok Sampoerna dari kantong baju sebelah kiri.

Tim langsung melakukan penggeladahan badan terhadap pelaku dan ditemukan 1 unit Hand Phone merk Nokia dari kantong celananya. Kemudian Tim juga menemukan 1 bungkus kotak rokok yang dibuang pelaku. Setelah diperiksa dari dalam bungkus rokok ditemukan 1 plastik klip besar dan kecil diduga berisi Narkotika jenis Sabu.

Tim kemudian melakukan interogasi di lokasi dan mengaku bahwa pelaku mengaku bernama DRS warga Jalan Tengku Umar Kelurahan Kota Kisaran dan mengakui bahwa barang tersebut adalah miliknya.

Pelaku langsung diamankan dan dibawa Tim Opsnal Sat Res Narkoba ke Mapolres Asahan untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dan pengembangan.

“Dari tangan pelaku tersebut, kami menyita barang bukti berupa Narkotika jenis Sabu seberat 13,13 gram di dalam 2 (dua) plastik klip bening, 1 (satu) unit Hp merek Nokia serta 1 (satu) kotak rokok Sampoerna,” ungkap Kapolres.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku berinisial DSR ditahan dan dikenakan Undang Undang No 35 tahun 2009  tentang Narkotika dengan ancaman minimal 4 tahun Penjara.

“Tidak ada tempat bagi para pelaku narkoba di Kabupaten Asahan, kalau masih nekad, saya akan sikat para pelaku yang coba-coba melakukan peredaran gelap  Narkotika di Kabupaten Asahan,” tegas Kapolres Asahan lagi.

Kapolres juga meminta kepada masyarakat Kabupaten Asahan untuk tidak segan dan takut memberikan informasi kepada polisi jika memiliki informasi tentang peredaran gelap Narkotika di wilayah hukum Polres Asahan.

Tak lupa juga, Kapolres mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah bersedia membantu polisi dalam mengungkap kasus peredaran gelap narkotika dan mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya membantu Pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 di Kabupaten Asahan. (Yanto).