Berharap Tidak Ada Bencana, Namun Semua Harus Bersiap Diri

oleh -
Berharap Tidak Ada Bencana, Namun Semua Harus Bersiap Diri
Keterangan Foto : Wakil Walikota Tegal M. Jumadi berpesan pada warga untuk tetap bersiap diri menghadapi bencans sekalipun kehadirannya tidak diinginkan.(foto:Dasuki/Beritanusa)

Kota Tegal |   Tidak ada satu orang di dunia ini yang menginginkan dan berharap adanya bencana. Namun jika kehendak Tuhan berkata lain, semua harus siap menghadapi yang terburuk jika terjadi bencana.

“Anda semua orang-orang terpilih yang sudah diketuk hatinya untuk saling berbagi membantu siapapun. Dalam kehidupan ini pasti kita berharap yang terbaik. Kita , berharap tidak ada bencana, tapi kita harus bersiap yang terburuk. Kita harus siap bila ada bencana,” papar  Muhamad Jumadi, S.T., M.M., dalam arahannya saat pembinaan kepada relawan pelaksana dapur umum di Kota Tegal, Senin (28/09/2020) siang tadi di Asrama SDLB Jalan Nakula Kota Tegal.

Pelatihan relawan dapur umum tersebut diselenggarakan Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Sosial Kota Tegal didukung Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.

Selain harus bersiap terhadap berbagai hal yang terjadi, Jumadi meminta pekerja sosial untuk perlu melakukan sinergi dengan semua pihak. Sebab, pekerja sosial merupakan pekerjaan yang sangat berat dan belum tentu semua orang mampu untuk melakukan pekerjaan tersebut.

“Ini Anda semua tidak cukup, perlu adanya sinergi dari semua pihak. Sentuhlah hatinya masyarakat dengan mengatakan kita harus siap-siap kalau ada bencana, kita saling mengingatkan untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” ungkap Jumadi.

Selain itu, persiapan para relawan untuk dapur umum dan relawan merupakan langkah persiapan pemerintah andai ada bencana alam di Kota Tegal.

“Kita juga mepersiapkan mereka menjadi relawan di Kota Tegal di era pandemi. Kita arus berharap yang terbaik, bersiap yang terburuk untuk managemen bencana,” ujar Jumadi

Di era pandemi covid-19 ini, Wakil Wali Kota Tegal mengimbau semua agar selalu menjaga diri dan saling mengingatkan.

“Saat ini kita sedang ada bencana, musuh kita tidak kelihatan yakni virus Corona. Saya meminta dari lubuk hati yang terdalam kepada anda dengan cara menjaga diri anda sendiri, keluarga dan orang lain di sekeliling dengan cara mengingatkan selalu pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan menghindari kerumunan. Jangan pernah menyepelekan,” pinta Jumadi.

Menurut Jumadi pula, bahwa pandemi yang belum berakhir ini Dinas Sosial merupakan ujung tombaknya dalam penangananan bencana.

“Anda itu niatnya ikhlas, membahagiakan orang lain itu kebaikan, di mana pun kita bekerja, bekerjalah dengan ikhlas. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Anda semua,” pungkas Jumadi. ( Dasuki )