Bantuan JPS Asal Sumut Disalurkan Di Kec. Ulu Moro’o Nias Barat

oleh -

Nias Barat | Pemerintah Kabupaten Nias Barat menyalurkan bantuan SEMBAKO Jaring Pengaman Sosial (JPS) Provinsi Sumatera Utara sebagai wujud nyata kepedulian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak Covid-19 di wilayah Kecamatan Ulu Moro’ö yang diserahkan secara simbolis Bupati Nias Barat; bertempat Balai Pertemuan Kantor Camat Ulu Moro’ö (Selasa, 19 Mei 2020).

Hadir dalam aksi Gugus Tugas Covid-19 Kabupatèn Nias Barat dalam menyalurkan bantuan SEMBAKO Jaring Pengaman Sosial (JPS) Provinsi Sumatera Utara ini, antara lain Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd selaku Ketua Gugus & Wakil Bupati Nias Barat Bapak Khenoki Waruwu selaku Wakil Ketua Gugus, Sekda Nias Barat Bapak Prof. Dr. Fakhili Gulö selaku Wakil Ketua Gugus, Asisten I Drs. Darman Gulö, Asisten II Yupiter Hia, S.IP.,MM, Asisten III Rosedi Daeli, SE.,MM, Staf Ahli Hadrianus Hia, S.Pd.,MM,  Kadis Sosial Drs. Ekonomi Daeli, MM (selaku Ketua Tim Penyaluran), Kaban BPBD Drs. Filifo Daeli, MH, Kadis Kominfo Faigizatulö Halawa, S.Pd.,MM, , Kadis Perhubungan Drs.Töröziduhu Mendröfa. dan Kasat-Pol PP Yobedi Gulö, S.IP.,MM.

Hadir juga Camat Ulu Moro’ö Yosefo Laia, A.Md, Kapolsek Mandrehe AKP. Bruno Harefa, dan Koramil 08/Mandrehe serta seluruh Kades se-Kecamatan Ulu Moro’ö serta sejumlah Tokoh Masyarakat Kec. Ulu Moro’ö.

Dalam arahan tugasnya; Bupati menjelaskan jenis bansos yang diterima masyarakat terdampak Covid-19 baik dari Kemensos RI berupa Bantuan Sosial Tunai (BST), Bansos Gubernur (JPS Pemprovsu) Bansos Pangan Kabupaten dan BLT Desa. Juga Bansos Tunai bagi Hamba Tuhan, PKH dan Sembako rutin dari Kemensos RI, papar Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa bansos yang di launching hari ini yakni Bantuan sembako JPS Gubernur Sumut berupa Beras 10 kg, Gula 2 kg, Minyak Makan 1 liter, Susu 1 kaleng dan Mie Instan 20 bungkus, tutur Bupati. Untuk membuktikan keutuhan bansos ini, maka sebelum diserahkan kepada pihak penerima harus di timbang dan cek dulu apakah sudah sesuai baik takaran dan jumlah barang yang diterima, tegas Bupati.

Lebih lanjut di sampaikan Bupati bahwa Penyaluran bansos ini harus utuh sampai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan tidak boleh ada pengurangan baik jumlah maupun kualitas. Maka dengan itu, diharapkan Camat dan jajarannya memfasilitasi penyaluran ke tibgkat desa dan diharapkan juga Kepala Desa bekerja sama dengan aparat desa, BPD dan relawan desa untuk membagi bansos ini dengan baik dan jangan ada masalah. Penyaluran di setiap keluarga dipantau dan dikawal habis oleh TNI/Polri, tegas Bupati.

Setelah itu, kita salurkan bantuan Sembako Pangan Kabupatèn sebanyak 6000 paket dan BLT Desa serta dapat disandingkan dengan penyerahan bansos lainnya. Penyaluran Bansos ini harus sudah tuntas penyalurannya hingga bulan Juni karena untuk sementara hanya sampai bulan Juni kegiatan Gugus Tugas Covid-19 beroperasi dan setelah itu kita istrahat dan melakukan kegiatan lain termasuk memulainya tahapan Pilkada karena tanggal 9 Desember di gelar Pemilihan Kepala Daerah serentak, ujar Bupati.

Bupati menegaskan bahwa apabila ada keluarga yang belum tercover dalam data bansos JPS Provsu ini, maka akan di cover pada Bansos Pangan Kabupaten, tandas Bupati.

Akhirnya dengan seizin ridho Tuhan, Bupati Nias Barat bersama Wakil Bupati dan Sekda dan unsur Muspika launching sekaligus serahkan secara simbolis Bantuan Sembako JPS Provsu yang diterima oleh seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Ulu Moro’ö. ( Yuinianto)