Pendidikan

04
Mei 2018
Mahasiswa Akan Terus Diingatkan Bahaya Radikalisme Ditulis oleh KRJOGJA/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Mahasiswa adalah aset bangsa yang sangat berharga sehingga perlu dijaga keberadaannya dari bahaya paham radikalisme dan terorisme.  Disinilah peran tenaga pendidik di lingkungan Perguruan Tinggi yang harus bertanggung jawab dalam mendidik para pemuda Indonesia khususnya mahasiswa agar tidak terpapar paham radikalisme.

Baca selanjutnya...
 
03
Mei 2018
Indonesia Darurat Guru, PGRI Siapkan Solusi Ditulis oleh EDUPOST/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Ketua Umum PB Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rasyidi menyampaikan, Indonesia kini dalam kondisi darurat guru. Menyikapi hal ini, PGRI ikut ambil bagian dalam menyiapan kompetensi guru dengan membuat program perencanaan dan pengembangan PGRI Smart Learning Center (PSLC).

Baca selanjutnya...
 
02
Mei 2018
Tahun Ini Animo Pendaftar Sekolah Kedinasan Meningkat Ditulis oleh JPNN/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Total pendaftar sekolah kedinasan tahun ini tercatat mencapai 323.669 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu sebanyak 284.697 orang.



Sekolah kedinasan paling favorit dengan jumlah pelamar terbanyak adalah Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Jumlah pelamar di sekolah kedinasan milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini mencapai 147.702 orang dengan kuota 7.301 kursi.

Disusul berikutnya Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) milik Kemendagri dengan jumlah pendaftar 46.062 orang (kuota 2.000 kursi). Politeknik Statistik milik Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi terbanyak ketiga dengan jumlah pelamar 17.886 orang (kuota 100 kursi).

Sekolah kedinasan dengan pelamar paling sedikit adalah Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya yang berjumlah 899 orang (kuota 192 kursi).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan ada beberapa penyebab kenaikan jumlah pendaftar sekolah kedinasan tahun ini.

Di antaranya adalah meningkatnya minat generasi muda untuk menjadi calon aparatur sipil negara (ASN) atau PNS. ’’Peningkatan minat ini menunjukkan kepercayaan publik terhadap proses rekrutmen yang semakin bersih dari segala praktek KKN,’’ katanya kemarin. Diketahui, pendaftaran sekolah kedinasan yang terpusat dan online resmi ditutup Senin malam (30/4) lalu.

Herman menjelaskan pendaftaran sekolah kedinasan yang serentak, online, dan terpusat melalui SSCN (sistem seleksi CPNS nasional) Badan Kepegawaian Negara (BKN) diharapkan menekan potensi pendaftaran lewat ’’pintu belakang’’.

Penyebab kenaikan jumlah pelamar berikutnya disebabkan ada sekolah kedinasan yang baru bergabung dengan SSCN BKN. Total ada sepuluh sekolah kedinasan yang baru bergabung dan seluruhnya di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Seperti Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun, dan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang.

Setelah tahap pendaftaran selesai, proses berikutnya adalah ujian tulis berbasis komputer (computer assisted test/CAT). Sampai saat ini jadwal CAT untuk sekolah kedinasan belum ditetapkan. Herman mengatakan pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer juga meningkatkan kepercayaan masyarakat.

’’Masyarakat jangan sampai ada yang tergiur atau tertipu informasi oknum bisa meloloskan ujian sekolah kedinasan,’’ jelasnya.

Herman mengatakan di dalam ujian berbasis komputer nanti, peserta akan mengetahui langsung nilainya setelah selesai ujian. Seketika itu pula mereka bisa tahu apakah nilainya memenuhi ambang batas atau tidak. ’’Hasil CAT ditentukan kemampuan sendiri. Tidak ada yang bantu,’’ pungkasnya.

Ketentuan tentang passing grade atau ambang batas CAT sekolah kedinasan tertuang dalam Permen PAN-RB 22/2018. Di dalam regulasi itu dijelaskan bahwa ambang batas untuk tes karakteristik pribadi (TKP) 143 poin, untuk tes intelegensia umum (TIU) 80 poin, dan tes wawasan kebangsaan (TWK) 75 poin.

 
01
Mei 2018
Kemendikbud Targetkan 80% SMP Gelar UNBK Tahun Depan Ditulis oleh EDUPOST/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menargetkan ada 80 persen SMP secara nasional yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kompute(UNBK) di tahun depan. Untuk itu, Muhadjir mengaku berupaya meningkatkan kapasitas server di pusat.

 

Baca selanjutnya...
 
30
Apr 2018
Dosen Indonesia Bisa Masuk World Class Profesor Ditulis oleh KRJOGJA/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti (SDID) Kemenristek-Dikti  Ali Ghufron Mukti mengatakan semua dosen Indonesia berhak mengikuti 'world class profesor' (WCF).

Baca selanjutnya...
 

Halaman 10 dari 68


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us