Pendidikan

08
Jan 2018
Sekolah Tak Boleh Adakan Pungutan untuk UNBK Ditulis oleh EDUNEWS/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Wali murid di sejumlah sekolah negeri di Kabupaten Sidoarjo, Jatim, mengeluhkan pungutan liar oleh komite sekolah pada DPRD. Tidak hanya biaya bangku dan pelaksanaan UNBK, ada juga pungli untuk pembiayaan pendirian gedung sekolah negeri.

Baca selanjutnya...
 
04
Jan 2018
Siswa SD Muhammadiyah Belajar Antikorupsi dengan Alat Peraga Ditulis oleh REPUBLIKA/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Sebanyak 30 siswa kelas 3 B Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK SD Muhamamdiyah 1 Ketelan Surakarta, Jawa Tengah,  belajar upaya pencegahan korupsi melalui permainan edukatif yang diberi nama “Sembilan Nilai Permainan Anak Anti korupsi” atau SEMAI. Kegiatan tersebut diadakan  di sekolah tersebut, Rabu  (3/1).

Baca selanjutnya...
 
03
Jan 2018
Mendikbud: Guru dan Ortu jadi Kunci Pelajaran Budi Pekerti Ditulis oleh BERBAGAISUMBER/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan, sekolah-sekolah pada jenjang SD dan SMP kini harus berubah. Harus ada reformasi dan restorasi pendidikan yang mengutamakan pendidikan karakter.

 


"Kalau di sekolah SD dan SMP itu masih padat dengan memberikan pengetahuan kepada siswa, itu sudah tidak zamannya lagi," ujar Menteri Muhadjir, Selasa (2/1).

Dia menyebutkan, guru menjadi salah satu kunci dalam membenahi pendidikan karakter itu. Mengajar bagi seorang guru merupakan bagian kecil dari tugasnya.

Namun, mendidik siswa memiliki karakter kuat itulah yang menjadi tugas pertama dan utama seorang guru.

"Seperti ajaran Ki Hadjar Dewantara bahwa seorang guru seharusnya berada di depan untuk memberikan keteladanan, berada di tengah untuk memberikan inspirasi, dan berada di belakang untuk memberikan dorongan. Namun hingga saat ini sebagian besar guru hanya memberikan dorongan melalui transfer pengetahuan saja kepada siswa-siswanya," beber mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Muhadjir melanjutkan, tanggung jawab utama mendidik anak-anak memiliki karakter yang kuat itu tetap ada pada keluarga atau orang tua mereka. Sekolah hanya membantu mereka ketika berada di rumah keduanya.

"Sudah keliru paradigma masyarakat (tentang pendidikan, red) sekarang ini. Kalau anaknya sudah masuk sekolah, orang tua tidak ikut campur mendidik, ini adalah suatu kesalahan besar. Keluarga harus bertanggung jawab terhadap pendidikan anak terutama pendidikan dasar," tuturnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah berupaya mengeluarkan regulasi tentang pendidikan karakter tersebut, yakni Peraturan Mendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah dan Peraturan Mendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Regulasi tersebut juga diperkuat dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

 
02
Jan 2018
Pemda Mukomuko Keluarkan Edaran Batasi Pelajar ke Warnet Ditulis oleh EDUNEWS/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran setempat akan mengeluarkan surat edaran untuk membatasi jam kunjungan bagi pelajar ke warung internet (warnet) di daerah itu.

Baca selanjutnya...
 
29
Des 2017
Perguruan Tinggi Harus Kedepankan Inovasi di Era Digital Ditulis oleh ANTARA/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA -- Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M. Nasir menegaskan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta harus terus berinovasi menghadapi persaingan yang kian ketat.

Baca selanjutnya...
 

Halaman 9 dari 52


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us