11
Jul 2018
Hujan Berhari-hari di Jepang Tewaskan 126 Orang
Ditulis oleh LIPUTAN6/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Meski telah berhenti, namun dampak dari guyuran hujan lebat yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, memicu bencana banjir dan tanah longsor yang menewaskan sedikitnya 126 orang di wilayah barat daya Jepang.

Menurut Badan Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana negara itu, setidaknya 27 orang masih dilaporkan hilang sejak akhir pekan lalu.

Dengan dicabutnya peringatan hujan lebat, Pemerintah Jepang mengubah fokusnya untuk upaya pencarian dan penyelamatan. Polisi, departemen pemadam kebakaran dan militer terus melakukan proses evakuasi di wilayah-wilayah yang paling parah terkena dampak bencana.

"Kami akan bersatu, bergerak cepat, dan berkoordinasi erat dengan pemerintah lokal untuk menemukan seluruh korban hilang, serta mengupayakan evakuasi menyeluruh," kata Perdana Menteri Shinzo Abe dalam sebuah pertemuan dengan gugus tugas tanggap bencana, sebagaimana dikutip dari CNN pada Selasa (10/7/2018).

PM Abe menegaskan bahwa pihaknya segera meningkatkan fasilitas pusat-pusat evakuasi dan perumahan sementara bagi para korban.

Otoritas Jepang melaporkan bahwa ribuan rumah rusak, dan hampir 17.000 rumah tangga kehilangan pasokan listrik sejak akhir pekan lalu. Sinyal telekomunikasi juga dkabarkan mengalami gangguan di beberapa titik bencana, mengakibatkan komunikasi antar personal terhambat.

Di lain pihak, upaya perbaikan disebut semakin rumit karena beberapa ruas jalan dan rel kereta rusak, sehingga menghambat mobilitas regu penyelamat dan distribusi bantuan.

Dua juta orang dikabarkan mengungsi ke pusat penampungan sementara. Namun, masih cukup banyak di antara mereka yang terjebak banjir bandang, memilih menyelamatkan diri di atap rumah, menunggu giliran evakuasi via helikopter dan perahu karet.

Di Distrik Kurashiki di dekat Okayama, tentara Jepang dikerahkan untuk membawa warga lanjut usia dari rumah mereka ke kapal penyelamat. Banjir di wilayah itu dilaporkan masih tinggi, dan kemungkinan baru surut dalam 1 hingga 3 hari ke depan.

Hujan Berhari-hari di Jepang Tewaskan 126 Orang
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us