05
Jul 2018
UIN Sunan Kalijaga Tuan Rumah AIUA 2018
Ditulis oleh KRJOGJA/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Perguruan Tinggi Islam di Asia berinisiatif mendirikan Asia Islamic Universities Association (AIUA). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang merupakan salah satu anggota AIUA dipercaya menjadi tuan rumah dalam konferensi AIUA tahun ini.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D.,  di sela sela pembukan konferensi mengatakan, konferensi kali ini menitikberatkan pada pematangan seluruh pedoman kerja yang telah dirancang dalam konferensi sebelumnya di Thailand dan Malaysia. Konferensi yang dilaksanakan  3- 5 Juli 2018 ini diikuti  sekitar 60 Perguruan Tinggi Islam di Asia.

"Kami memiliki misi besar, yakni; mengubah peta pendidikan Islam. Harapannya, pendidikan dunia Islam dapat terpusat di Indonesia sesuai dengan harapan Presiden RI dan Menteri Agama. Kami optimistis misi besar ini akan tercapai mengingat Indonesia merupakan negara dengan kepesertaan terbanyak dalam AIUA," ungkap  Prof Yudian Wahyudi.

Menurut Prof. Yudian Wahyudi, momentum ini juga sangat bagus untuk mempromosikan Islam nusantara, Islam berkemajuan dan Islam moderat. Karena itu.berharap, setelah pematangan seluruh pedoman kerja dalam konferensi kali ini, maka seluruh pedoman itu dapat segera diterapkan oleh seluruh anggota AIUA.

"Beberapa pedoman kerja yang menurut Prof. Yudian paling utama adalah program publikasi internasional. Agenda selanjutnya adalah memperluas keanggotaan. Mengingat jumlah perguruan tinggi Islam di Asia sebenarnya  kurang-lebih 1.000 perguruan tinggi. Namun yang tergabung dalam AIUA baru sekitar 60 perguruan tinggi Islam."

UIN Sunan Kalijaga Tuan Rumah AIUA 2018
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us