02
Jul 2018
Disangka Obesitas, Perempuan Ini Ternyata Punya Kista 22 Kg
Ditulis oleh LIPUTAN6/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Seorang perempuan asal Montgomery, Alabama, AS yang menderita beberapa masalah medis misterius selama beberapa bulan terakhir, akhirnya dapat bernapas lega setelah dokter menemukan akar penyebabnya: kista ovarium seberat 50 pon atau sekitar 22,6 kilogram.

Sebelum kista itu terdiagnosis, dokter sempat mengira bahwa nyeri dan berbagai gangguan kesehatan lain yang dialami Kayla Rahn (30) disebabkan berat badannya yang naik signifikan. Demikian seperti dikutip dari United Press International (UPI), Minggu (1/7/2018).

Dokter pun sempat menganjurkan agar Rahn melaksanakan diet dan menurunkan bobot tubuhnya dengan harapan gejala medis itu dapat hilang. Namun, hal tersebut tak membuahkan hasil.

"Saya telah mencoba menurunkan berat badan selama sekitar satu tahun, tetapi berat badan saya bertambah," kata Rahn kepada CNBC-WSFA TV Channel 12, seperti dikutip dari UPI.

Rahn mengatakan bahwa masalahnya sangat tidak terkendali. Bahkan, orang-orang sering bertanya apakah dia hamil.

"Saya terlihat seperti sedang hamil 9 bulan. Kami pergi makan malam dan seseorang bertanya apakah saya punya anak kembar. Itu membuat frustrasi," katanya.

 

Pada Mei 2018, setelah tak muncul perubahan signifikan, ibu Rahn membawa putrinya ke rumah sakit dan dokter lain di Jackson Hospital Montgomery.

Di sana, lewat serangkaian tes, dokter berhasil menemukan sebuah kista besar di ovarium perempuan itu.

"Saya menangis, tapi ibu saya mengatakan bahwa tim dokter--yang terdiri dari tiga orang-- akan mengobatinya," kata Rahn.

Dokter Gregory Jones, spesialis ginekologi dan kolega di Jackson Hospital Montgomery, berhasil mengangkat kista itu lewat operasi. Jones menyebut bahwa kista itu merupakan cyystadenoma musinosum yang bersifat jinak.

Jones sendiri mengaku terkejut dengan ukuran, bobot, dan pertumbuhan kista tersebut.

"Ini adalah salah satu yang terbesar yang pernah saya lihat dan yang pernah saya angkat. Tapi kami senang, semua berjalan baik untuk Kayla," ujarnya.

Jackson Hospital Montgomery mengucapkan selamat atas kesehatan Rahn dan keberhasilan dr. Jones dalam menangani pasiennya.

"Terima kasih kepada dokter kami yang luar biasa di sini di Jackson Hospital untuk membantu perempuan muda ini bangkit kembali setelah menemukan kista 50 pon di indung telur Kayla," kata posting-an itu.

Disangka Obesitas, Perempuan Ini Ternyata Punya Kista 22 Kg
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us