26
Jun 2018
Bekas Pengawal Osama bin Laden Ditangkap Polisi Jerman
Ditulis oleh BERITANUSA/NUH/VIVA
PDF Print E-mail

BERITANUSA - Kepolisian Jerman menangkap seorang pria asal Tunisia yang disebut sebagai pengawal mantan pemimpin Al-Qaeda, Osama bin Laden. Sebelumnya keberadaan pria itu menuai kecaman di Jerman dan dia akan segera dideportasi.

Diberitakan Reuters yang mengutip kepolisian Jerman, pria bernama Sami A itu ditangkap di kota Bochum tanpa perlawanan pada Senin (25/6). Saat ini dia sedang dalam proses deportasi.

Dalam beberapa bulan terakhir, keberadaan pria 41 tahun itu menunai kecaman karena dianggap teroris dan hanya menghabiskan uang negara. Media Bild yang pertama kali memberitakannya, menyebut Sami A mendapatkan uang tunjangan sosial sebesar 1.200 euro per bulan.

Dia telah berada di Jerman sejak 1997 dan masuk radar polisi karena dianggap ancaman keamanan. Namun dia tidak pernah melakukan tindak kejahatan di Jerman sehingga hanya wajib lapor ke kepolisian.

Pada sidang 2015, Sami disebut pernah ikut dalam pelatihan al-Qaeda di Afghanistan pada 1999 dan 2000. Dia diyakini tergabung dalam pasukan pengawal Osama bin Laden. Sami membantah seluruh tuduhan ini.

Walau dinyatakan berbahaya dan permintaan suakanya ditolak, Sami kala itu tidak bisa dideportasi. Pasalnya, dia diyakini akan menghadapi hukuman mati di Tunisia jika dipulangkan sehingga deportasi ditolak.

Pada Mei, pengadilan memerintahkan deportasi terhadap pria Tunisia yang dituding terlibat dalam serangan ke museum Barbo di Tunis. Walau tidak terkait dengan Sami, namun kasus ini membuat deportasi terhadap dirinya terwujud.

Menteri dalam negeri Jerman meminta agar Sami juga menghadapi nasib yang sama, deportasi. Sejak saat itu, upaya pendeportasian Sami jadi prioritas.

Dalam pemeriksaan lanjutan, Sami akan dideportasi karena ternyata Tunisia telah memoratorium hukuman mati sejak 1991. Sami memiliki istri dan seorang anak yang merupakan warga Jerman.(*)

Bekas Pengawal Osama bin Laden Ditangkap Polisi Jerman
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us