25
Jun 2018
GP F1 Prancis: Hamilton Juara di Sirkuit Paul Ricard
Ditulis oleh BERITANUSA/NUH/KUMPARAN
PDF Print E-mail

BERITANUSA - Diawali drama, diakhiri dengan biasa saja. Itulah kira-kira gambaran umum dari jalannya balapan Formula 1 Grand Prix (GP) Prancis yang digelar di Sirkuit Paul Ricard, Minggu (24/6/2018) malam WIB.

Meskipun merupakan salah satu GP tertua di dunia -- sudah digelar sejak 1906 --, seri balapan di Prancis ini sempat berhenti selama sepuluh tahun sebelum digelar kembali musim ini. Terakhir kali balapan di sini digelar, pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, keluar sebagai pemenang.

Bagi Ferrari sendiri, Sirkuit Paul Ricard ini merupakan salah satu rumah spiritual mereka. Dalam sejarah, mereka adalah konstruktor dengan kemenangan terbanyak (17 kali). Akan tetapi, pada ajang comeback kali ini, mereka gagal merebut podium teratas. Raikkonen memang tampil cukup trengginas tetapi kali ini dia hanya mampu finis di urutan ketiga.

Pada balapan seri kedelapan musim 2018 ini, Lewis Hamilton keluar sebagai juara. Hasil yang didapat pebalap Inggris ini tidak mengejutkan karena sejak latihan bebas pertama, dia memang sudah menunjukkan dominasinya. Dari seluruh rangkaian balapan, Hamilton hanya gagal jadi yang tercepat pada sesi latihan bebas ketiga.

Dengan catatan waktu 1:38,385, Hamilton sukses mengungguli lawan-lawannya. Namun, keberhasilan pebalap 33 tahun ini sama sekali tidak bisa dilepaskan dari apa yang menimpa Valtteri Bottas dan Sebastian Vettel. Saat balapan baru saja dimulai, Bottas dan Vettel langsung terlibat senggolan yang mengakibatkan mobil mereka rusak. Dua pebalap tersebut pun mau tak mau harus masuk ke pit stop dan itu sangat berpengaruh pada posisi mereka.

Di belakang Hamilton, ada pebalap Red Bull, Max Verstappen. Start dari urutan keempat, Verstappen memanfaatkan senggolan Bottas dan Vettel tadi untuk merangsek ke urutan kedua. Namun, sekuat apa pun Verstappen mencoba, dia tidak pernah cukup cepat untuk bisa merebut posisi puncak dari Hamilton. Ini terbukti dari adanya jarak waktu yang mencapai 7,090 detik antara dirinya dan Verstappen.

Raikkonen, sementara itu, sukses memenangi pertarungan dengan Daniel Ricciardo untuk merebut podium ketiga. Juara dunia satu kali itu pada akhirnya sukses mengungguli Ricciardo dengan selisih waktu sampai hampir sembilan detik. Ricciardo sendiri finis di peringkat keempat.

Menyusul di belakang Ricciardo, ada Vettel. Meski akhirnya berhasil merampungkan balapan, pebalap Jerman itu harus merelakan posisi puncak di klasemen pebalap kepada Hamilton. Kini, Vettel tergusur ke urutan kedua dengan raihan 131 poin, tertinggal 15 angka dari Hamilton.

Sementara itu, Bottas yang sempat terdesak sampai urutan sepuluh akhirnya sukses menyelesaikan balapan di urutan ketujuh, persis di belakang Kevin Magnussen. Di belakang Bottas, ada Carlos Sainz Jr., Nico Hulkenberg, serta pebalap tuan rumah Charles Leclerc.

Adapun, pada balapan kali ini ada empat pebalap yang gagal menyelesaikan lomba, termasuk dua pebalap Force India, Sergio Perez dan Esteban Ocon. Bersama Perez dan Oconm ada pula Lance Stroll serta Pierre Gasly yang harus masuk paddock lebih awal.(*)

GP F1 Prancis: Hamilton Juara di Sirkuit Paul Ricard
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us