13
Jun 2018
Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 15 Juni 2018
Ditulis oleh BERITANUSA/NUH/KUMPARAN
PDF Print E-mail

BERITANUSA - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 1439 H tepat pada tanggal 15 Juni 2018. Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menerangkan penentuan tersebut dilakukan berdasarkan perhitungan hisab.

"Berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal, ijtimak jelang Syawal 1439 H terjadi pada hari Kamis Kliwon 14 Juni 2018 pukul 02.45.53 WIB. Tinggi bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta +07o35’20”, hilal sudah wujud," jelas Haedar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/6).

Oleh karena itu, ia mengimbau umat Islam untuk melaksanakan ibadah sunah menjelang Idul Fitri, seperti membayar zakat fitrah, memperbanyak takbir dan menunaikan Salat Id pada 15 Juni.

Terkait takbir, Haedar mengimbau masyarakat untuk mengumandangkannya di masjid atau musala menggunakan pengeras suara yang bagus. Namun tetap dengan memperhatikan kenyamanan lingkungan dan menghormati masyarakat yang berbeda keyakinan.

"Apabila melaksanakan takbir keliling hendaknya senantiasa dilakukan dengan baik, mematuhi aturan lalu lintas, menjaga ketertiban umum, dan berkoordinasi dengan kepolisian dan aparatur pemerintah yang terkait," jelasnya.

Haedar berharap umat Islam menjadikan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H bisa meningkatkan keimanan, ketakwaan, pengetahuan, hingga akhlak mulia.

"Baik elite maupun warga diajak untuk menampilkan keteladanan yang baik atau uswah hasanah sehingga kaum Muslim di negeri ini menjadi rahmatan lil-‘alamin," kata Haedar.

Berbeda dengan Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal dengan perhitungan astronomis sehingga sudah diketahui jauh-jauh hari, pemerintah menetapkan 1 Syawal secara manual dengan melihat langsung hilal (rukýatul hilal) dan diputuskan dalam rapat Kamis (13/6).(*)

Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 15 Juni 2018
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us