04
Jun 2018
China Mulai Izinkan Makanan Bisa Dikirim Pakai Drone
Ditulis oleh MEDCOM/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA –   Ele.me sudah mendapat izin untuk mengirimkan makanan dengan drone. Jakarta: Pemerintah China telah mengizinkan penggunaan drone untuk mengantarkan makanan.

Layanan pengantar makanan Ele.me milik Alibaba telah mendapatkan izin dari pemerintah untuk mengantarkan makanan menggunakan drone di 17 rute di Jinshan Industrial Park, Shanghai.

Rute ini menjangkau kawasan dengan luas 58 kilometer kuadrat dari kawasan industri tersebut. Menurut laporan BBC, para pelanggan Ele.me akan mendapatkan pesanan mereka 20 menit setelah mereka memesan makanan di salah satu dari 100 restoran yang ada di kawasan industri ini.

Drone ini hanya akan bergerak antara dua titik yang telah ditentukan pada masing-masing rute. Staf yang ada di titik pengantaran akan menerima pesanan dan meletakkannya di bagian kargo drone.

Sementara staf yang ada di lokasi penerima akan mengambil pesanan dan mengantarkan makanan ke alamat pelanggan.

Ele.me berkata, pengiriman menggunakan drone akan membantu mereka untuk menghemat ongkos operasional. Biaya pengiriman menggunakan drone lebih murah jika dibandingkan dengan pengiriman melalui jalan.

Mereka juga percaya, penggunaan drone juga bisa membantu meningkatkan penghasilan kurir manusia.

Menggunakan drone untuk mengantar makanan dengan cara ini mungkin tidak akan bisa digunakan di kawasan perumahan. Namun, ini juga menunjukkan dukungan yang ditunjukkan oleh pemerintah China pada perusahaan lokal terkait penggunaan drone untuk mengantarkan barang.

Di Amerika Serikat, pemerintah baru saja mempertimbangkan untuk melonggarkan peraturan terkait drone pengirim barang. Sementara melalui kampanye Made in China 2025, pemerintah China memberikan beasiswa, investasi dan bahkan pinjaman untuk pengembangan teknologi inovatif seperti ini.

China Mulai Izinkan Makanan Bisa Dikirim Pakai Drone
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us