04
Jun 2018
Waktu Inden Lama, Konsumen Xpander Mulai Goyah
Ditulis oleh SEMISENA/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Gebrakan Mitsubishi Xpander saat diluncurkan memang mendapatkan sambutan positif dari masyarakat Indonesia.

Bukan hanya sekedar isapan jempol semata mengingat sejak pertama meluncur pada pertengahan 2017 hingga sekarang sudah terpesan sekitar 66.000-an unit. Tentu, hal tersebut merupakan prestasi yang sangat memuaskan.

Tak sampai di situ saja, bahkan seperti yang diketahui bahwa konsumen yang telah memesan Xpander, tetap masih harus menunggu berbulan-bulan untuk mendapatkan unit. Menurut Kepala Penjualan dan Pemasaran Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya inden sekarang ini sekitar dua hingga tiga bulan.

Dikarenakan animo masyarakat yang terlalu tinggi, Imam sendiri pun juga mengakui bahwa ada konsumen yang ingin mendapatkan unit cepat, apalagi menjelang Lebaran seperti ini. Tetapi, menunjung tinggi profesionalitas, beberapa dealer tetap memprioritaskan pembeli yang sudah antre.

“Jadi siapa yang pesan duluan, dia yang juga dapat duluan. Memang ada yang membatalkan surat pemesanan kendaraan (SPK), tetapi tidak banyak,” ujar Imam ketika berbincang pekan lalu di Jakarta Selatan.

Sementara itu, imam sendiri juga turut berpendapat bahwa para pembeli yang membatalkan itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Pertama ingin cepat mendapatkan mobil, belum lagi butuh karena tidak ada kendaraan lain, sampai akhirnya pindah membeli model lain.

“Tetapi jumlah SPK sampai sekarang masih cukup bagus, sama seperti sebelum-sebelumnya. Perkiraan ritail sales kita Mei akan lebih tinggi dari wholesales, karena kita mengejar pengiriman unit ke konsumen menjelang Lebaran seperti ini,” kata dia.

Sedangkan di satu sisi, jika mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales (pabrik ke diler) Xpander periode Januari-April 2018 sudah mencapai 29.069. Dengan kata lain bahwa per bulan rata-rata sekitar 7.000-an unit. Jika banyaknya target produksi namun waktu inden yang lama tersebut maka tak heran jika sedikit demi sedikit konsumen yang sudah tak sabar justru akan membatalkan pemesanannya.

Waktu Inden Lama, Konsumen Xpander Mulai Goyah
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us