03
Jun 2018
Produksi Massal Motor Listrik GESITS Hadir 17 Agustus 2018
Ditulis oleh BERITANUSA/NUH/KUMPARAN
PDF Print E-mail

BERITANUSA - Hari Lahir Bangsa Indonesia yang 73 tahun akan manfaatkan PT GESITS Technologies Indo (GTI) untuk meluncurkan motor listrik buatan anak bangsa yang mereka labeli dengan nama Garasindo Electric Scooter ITS alias GESITS.

Hal tersebut dipaparkan langsung oleh Harus Sjech selaku Direktur Utama PT GTI. Harun meyakinkan bahwa meski sempat simpang siur, nantinya Hari Kemerdekaan Indonesia tahun 2018 ini akan dijadikan momentum untuk memperkenalkan GESITS ke publik. “Insyaallah tanggal 17 Agustus (GESITS) tetap launch.” papar Harun.

Proyek motor listrik GESITS sendiri awalnya adalah proyek kolaborasi Garasindo dengan Institut Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Hasilnya, sebuah purwarupa sudah pernah mereka pajang di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015.

Tak hanya itu, Garasindo dan juga ITS Surabaya kemudian turut menggandeng beberapa industri kecil dan menengah (IKM) untuk memasok komponen-komponen utama motor listrik yang meliputi; sistem manajemen baterai, paket baterai, sasis, sampai komponen-komponen untuk bodinya.

Harun kemudian menerangkan kalau mereka juga akan mengikat kerja sama dengan PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi (WIKON) yang diperkiran akan dimulai dari bulan Juni 2018 ini. Motor listrik GESITS juga disebut Harun akan diproduksi secara massal dalam waktu dekat setelah mereka sudah dipastikan mendapat assembly line dari Wikon.  “Kami juga sudah confirm order assembly line,” imbuhnya.

Motor listrik GESITS akan diproduksi di kawasan industri Wijaya Karya (Wika) Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Di sana, motor listrik itu akan menempati bangunan dengan luas 2.400 meter persegi yang berfungsi sebagai fasilitas penerimaan komponen, perakitan, dan pengujian akhir.

Secara teknis, motor listrik karya anak bangsa ini disokong dengan menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 5.000 Wh, yang membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk mengisi dayanya dari kosong hingga penuh, Dalam satu kali pengisian penuh, motor ini dapat digunakan untuk menempuh jarak 80-100 km.(*)

Produksi Massal Motor Listrik GESITS Hadir 17 Agustus 2018
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us