27
Mei 2018
Cedera Mohamed Salah, Seberapa Parah?
Ditulis oleh BERITANUSA/NUH/TEMPO
PDF Print E-mail


BERITANUSA - Final liga Champions dini hari tadi, Minggu 27 Mei 2018, di Kiev, Ukraina, berakhir dengan hasil yang mengecewakan bagi Mohamed Salah. Selain menelan kekalahan 1-3 dari Real Madrid, penyerang Liverpool tersebut juga mengalami cedera yang mengharuskannya untuk ditarik keluar lapangan bahkan sebelum babak pertama berakhir.

Kabar terakhir yang diumumkan bahwa pemain berusia 25 tahun tersebut mengalami dislokasi bahu, cedera yang mungkin saja melewatkan kesempatannya untuk berlaga di Piala Dunia 2018 yang dimulai Juni nanti di Rusia.

Tubuh Salah mendarat ke tanah dengan posisi yang kurang sempurna setelah berduel dengan Sergio Ramos ketika berebut bola. Rekaman ulang menunjukkan bahwa Ramos menahan lengan permain berkebangsaan Mesir tersebut ketika mereka berdua jatuh ke tanah.

Pertanyaan selanjutnya adalah seberapa parah cedera yang dialami Mohamed Salah dan kapan dia bisa kembali bermain dengan kebugaran penuh?

Apa itu dislokasi bahu (shoulder dislocation)?

Bahu adalah sendi yang paling sering bergerak dalam tubuh manusia. Namun, hal ini pula yang justru menjadikan bagian ini menjadi bagian yang paling berisiko bagi seorang atlet ketika mengalami benturan.

Situs NHS seperti dilansir dari Independent menyatakan, “Dislokasi bahu terjadi ketika bagian lengan yang paling atas menyembul keluar dari persendian bahu anda."

"Bahu adalah salah satu sendi yang paling mudah mengalami dislokasi karena bola tulang sendi anda berlokasi di persendian yang sangat dangkal."

Dislokasi bahu menghasilkan rasa nyeri yang bersifat langsung dan juga ketidakmampuan penderita untuk menggerakkan lengan.

Apa yang terjadi selanjutnya untuk Salah?

Pemain internasional Mesir itu ditangani oleh tim medis Liverpool ketika di lapangan dan dianggap tidak mampu untuk melanjutkan pertandingan.

Salah akan berada di Rumah Sakit untuk menjalani pemeriksaan X-Ray untuk memastikan keadaan serta arah dislokasi bahunya.

Pemeriksaan X-Ray juga akan memperlihatkan apakah ada bagian tulang lain yang bermasalah. Jika memang ada, absennya dari lapangan hijau akan semakin lama.

Sampai kapan Salah akan absen bermain?

Ini pertanyaan yang paling vital. Situs NHS menyatakan bahwa dislokasi bahu membutuhkan waktu perawatan 12-16 minggu untuk memulihkan keadaan.

“Dislokasi bahu membutuhkan waktu antara 12 hingga 16 minggu untuk pulih setelah bagian yang mengalami dislokasi diletakkan kembali ke tempatnya semula."

Piala Dunia dimulai dalam waktu kurang dari tiga minggu, tepatnya 18 hari lagi. Pertandingan pertama Mesir melawan Uruguay berlangsung pada hari kedua setelah turnamen dimulai.

Mo Salah jelas akan menerima perawatan medis kelas dunia dan ada kemungkinan bahwa cedera yang dia alami bukanlah dislokasi parah.

Tapi kemungkinannya untuk mengikuti sesi latihan apapun dalam dua minggu ke depan sangatlah kecil.

Mantan bek Liverpool, Jamie Carragher, pernah menderita dislokasi bahu pada musim 2010/11 dan cedera ini membuatnya absen selama dua bulan.

Akankah Salah bermain di Piala Dunia?

Timnas Mesir untuk Piala Dunia 2018 kemungkinan besar tetap akan membawa Salah ke Rusia.

Namun peluang dari pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris ini untuk tampil di lapangan begitu tipis pada tahap ini.(*)

Cedera Mohamed Salah, Seberapa Parah?
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us