23
Mei 2018
Lebaran, BI Siapkan Uang Tunai Rp188,2 Triliun
Ditulis oleh KRJOGJA/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Guna memenuhi kebutuhan uang tunai menjelang lebaran  tahun ini  Bank Indonesia (BI) menyediakan  uang tunai sebanyak Rp 188,2 triliun. Jumlah ini lebih besar dibandingkan periode lebaran tahun lalu sebesar Rp 167 triliun.

"Peningkatan tersebut karena adanya libur bersama yang panjang dari tahun llau sehingga diperkirakan keburuhan uang tunai pasti meningkat," kata Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi di Jakarta, Selasa (22/05/2018).

Menurut Rosmaya penambahan pasokan uang tunai memang selalu dilakukan setiap tahunnya. Ini karena meskipun BI menggalakan gerakan nasional non tunai (GNNT) namun masyarakat Indonesia tetap menyukai memegang uang tunai.

Rosmaya menjelaskan, BI telah mengadakan layanan penukaran uang receh di seluruh kantor perwakilan wilayah BI di Indonesia.  "Besok (rabu) saya akan hadir ke Monas dengan pak Sandiaga Uno untuk simbolis penukaran uang receh, ini dilakukan serentak di seluruh KPW ya," ujarnya.

Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo di tengah perkembangan ekonomi global maupun domestik, Bank Indonesia senantiasa berkomitmen untuk mencapai tujuannya dalam mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

Selama kurun 2013-2018, Bank Indonesia berupaya memperkuat 3 fungsi utamanya, yaitu pertama, kebijakan moneter yang kredibel dan konsisten melalui reformulasi kerangka operasional kebijakan moneter berupa implementasi BI 7-Day Reverse Repo Rate untuk memperkuat sinyal kebijakan moneter, implementasi Giro Wajib Minimum (GWM) rata-rata untuk memperkuat manajemen likuiditas bank, serta pendalaman pasar keuangan melalui pengayaan instrumen dan transaksi pasar uang.

Lebaran, BI Siapkan Uang Tunai Rp188,2 Triliun
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us