16
Mei 2018
Seberapa Panjang Orang Indonesia Memiliki Harapan Hidup?
Ditulis oleh KEPONEWS/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Harapan hidup khalayak dunia terus meningkat. Bayi yang lahir pada 2016 secara rata-rata akan berumur lebih panjang dibanding individu yang lahir 25 tahun lalu.

Masukkan data Anda di bawah untuk mengetahui harapan hidup orang seusia Anda, orang di negara Anda, dan orang yang berjenis kelamin sama dengan Anda.

Anda juga bisa mengetahui seberapa banyak sisa hidup Anda secara rata-rata yang bisa Anda jalani dalam kondisi sehat?

Bagaimana cara kerja kalkulator ini?

Data pada kalkulator ini berasal dari Kajian Beban Global dalam Penyakit yang disusun tahun 2016 serta dikoordinasikan oleh Institut untuk Metrik Kesehatan dan Evaluasi.

Harapan hidup merupakan seberapa lama seseorang diperkirakan hidup berdasarkan usia, jenis kelamin, dan negara. Kajian Beban Global dalam Penyakit mengkalkulasi harapan hidup dengan menggunakan tingkat kematian lintas kelompok usia.

Harapan hidup bisa beragam di antara kelompok usia karena menghitung perkiraan sisa hidup seseorang ketika mereka telah mencapai usia tertentu.

Sebagai contoh, seorang bocah perempuan yang lahir pada 2016 di Meksiko diperkirakan hidup hingga usia 79 tahun. Akan tetapi, harapan hidup seroang perempuan berusia 65 tahun pada 2016 ialah 84 tahun. Harapan hidup perempuan berusia 65 tahun itu lebih tinggi karena dia telah mencapai usia 65 tahun.

Angka pada harapan hidup di kalkulator ini dibulatkan ke tahun terdekat setelah memasukkan angka usia ke sisa harapan hidup untuk kelompok usia yang relevan. Dalam banyak kasus, kelompok usia merentang lima tahun, semisal usia 10 sampai 14 tahun.

'Seberapa banyak sisa hidup Anda dalam kondisi sehat' dihitung dari jumlah tahun seseorang diperkirakan hidup dalam kondisi sehat, yang ditampilkan sebagai persentase dari harapan sisa hidup.

Seluruh hasil berasumsi bahwa tingkat kematian dan disabilitas tetap konstan sepanjang sisa hidup seseorang. Dengan demikian, jangan masukkan asumsi adanya perkembangan sains dan medis di masa mendatang.

Kalkulator ini disusun oleh Tom Calver, Nassos Stylianou, Becky Dale, Nick Triggle, Ransome Mpini, Prina Shah, Joe Reed dan Eleanor Keane. Kredit karya mereka untuk Institute for Health Metrics and Evaluation.

Seberapa Panjang Orang Indonesia Memiliki Harapan Hidup?
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us