07
Mei 2018
Ancaman Cyber Attack Menghantui Panpel Asian Games 2018
Ditulis oleh JUARA/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) telah melakukan rapat koordinasi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Kamis (3/5/2018) kemarin untuk mengantisipasi serangan siber (cyber attack) saat ajang olahraga terbesar Asia tersebut berlangsung.

Erick Thohir selaku Ketua Inasgoc menyatakan, rapat itu bertujuan untuk menghindari cyber attack seperti yang terjadi pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan beberapa waktu lalu.

Rapat koordinasi, kata Erick, turut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Kami berkoordinasi dan membuat kesepakatan bahwa kami harus saling suport, karena memang era sekarang sudah memasuki era siber dan digital," kata Erick saat ditemui di Kantor Inasgoc, Senayan, Jakarta.

"Kami tidak mau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti cyber attack. Kemarin sempat terjadi saat pembukaan Olimpiade Musim Dingin, acaranya sampai delay satu jam. Nah, kita jangan sampai begitu," tutur pria yang juga menjabat sebagai Presiden Inter Milan itu.

Erick menuturkan bahwa Inasgoc sebetulnya sudah memiliki semacam tim siber yang terhimpun di Main Operation Center (MOC) di Kantor Inasgoc.

Ruangan MOC merupakan ruang kendali dan monitor yang dilengkapi dengan 24 layar pemantau semua kegiatan Asian Games 2018.

Namun, Erick menginginkan adanya pengamanan berlapis sehingga ajang Asian Games 2018 bisa berjalan lebih aman dan lancar. "Terlepas dari apa yang sudah kami siapkan di MOC kami, tidak ada salahnya juga kami memiliki dua garda. Apalagi kami dibantu Badan Siber dan Sandi Negara yang notabene adalah badan resmi," tutur Erick.

Menurut Erick, bentuk cyber attack bisa bermacam-macam, seperti terganggunya sistem penjualan tiket, atau akreditasi para wartawan yang tiba-tiba tidak berfungsi. "Bisa juga kan tiba-tiba email-nya Erick Thohir di-hack dan kemudian menyebarkan gambar yang aneh-aneh ke mana-mana," ucap Erick.

Asian Games 2018 akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September. Pada ajang tersebut, atlet-atlet dari 45 negara akan bersaing dalam 42 cabang olahraga dan 463 nomor pertandingan.

Ancaman Cyber Attack Menghantui Panpel Asian Games 2018
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us