17
Apr 2018
IPDN Buka Kuota 2.000 Orang Calon Praja
Ditulis oleh EDUPOST/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Pada tahun ini Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) membuka kuota 2.000 orang calon praja pada Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP).

Berdasarkan keterangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Minggu (8/4), persyaratan umum pendaftaran calon praja ini antara lain pelamar merupakan Warga Negara Indonesia, usia peserta seleksi minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun hingga 1 September 2018. Kemudian tinggi badan bagi pria minimal 160 cm dan wanita 155 cm.

Selain itu, pelamar serendah-rendahnya berijazah SMA/MA jurusan IPA/IPS termasuk lulusan Paket C. Nilai rata-rata ijazah minimal 70,00 dari masing-masing nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah pada pendaftar lulusan 2015-2018.

Khusus Provinsi Papua dan Papua Barat, nilai rata-rata ijazah minimal 65,00 dari masing-masing nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah bagi pendaftar lulusan 2015-2018.

Pendaftar juga disyaratkan memiliki KTP elektronik bagi yang berusia di atas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) yang belum memiliki KTP elektronik. Bila belum memiliki KTP elektronik atau KK, pelamar menggunakan surat keterangan kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP elektronik dengan NIK yang sama pada saat mendaftar website.

Setiap pelamar akan mengikuti beberapa tahap seleksi, antara lain seleksi administrasi, tes kompetensi dasar, tes kesehatan daerah, tes psikologi integritas dan kejujuran. Penentuan akhir meliputi verifikasi faktual dokumen, tes kesehatan pusat, tes kesamaptaan dan tes wawancara.

Pada tahap awal, peserta juga harus melalui seleksi administrasi. Setiap peserta yang dinyatakan memenuhi syarat mengikuti SKD dikenakan biaya Rp 50 ribu berdasarkan PP 63/2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.

IPDN Buka Kuota 2.000 Orang Calon Praja
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us