11
Apr 2018
Kakek Jepang 112 Tahun Genggam Rekor Pria Tertua di Dunia
Ditulis oleh LIPUTAN6/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Masazo Nonaka dari Jepang ditetapkan sebagai pria tertua di dunia pada Selasa 10 April 2018. Namanya ditorehkan dalam Guinness World Records di usia 112 tahun. Demikian dilaporkan AFP.

Menurut keluarganya, rahasia umur panjang Masazo adalah penganan manis dan mandi air panas.

Nonaka, yang lahir pada 25 Juli 1905 -- hanya beberapa bulan sebelum Albert Eistein menerbitkan teori relativitasnya -- menerima sertifikat dari Guinness World Records di kediamannya di Hokkaido, pulau di bagian utara Jepang.

Pria berusia lebih dari satu abad dari Jepang itu tinggal bersama keluarganya yang mengelola penginapan yang dilengkapi pemandian mata air panas.

"Dia membutuhkan bantuan kursi roda untuk bergerak tapi kondisinya baik," kata cucu perempuannya, Yuko Nonaka seperti dikutip dari VOA News, Selasa (10/4/2018).

"Dia suka makan berbagai jenis penganan manisan -- ala Jepang maupun barat. Dia membaca koran setiap hari dan sering berendam di mata air panas," tutur Yuko Nonaka.

Menurut Guinness World Records, Kakek Masazo memiliki tujuh saudara laki-laki dan satu saudara perempuan yang tinggal di Kota Ashoro, Hokkaido, Jepang. Ia menikah dengah Hatsuno pada 1931 dan memiliki 5 anak.

"Masazo secara resmi mengambil alih gelar itu setelah Francisco Nunez Olivera dari Spanyol meninggal dalam usia 113 pada Februari," jelas organisasi tersebut.

Guinness World Records sekarang sedang menyelidiki kemungkinan pesaing untuk gelar orang tertua yang masih hidup di dunia, karena belum ada yang ditetapkan sejak Violet Brown dari Jamaika wafat pada Juli 2017 dalam usia 117.

Kakek Jepang 112 Tahun Genggam Rekor Pria Tertua di Dunia
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us