10
Apr 2018
Ingin Tahu Halal Food, Siswa SMAMDA Datangi Pusat Kajian Halal ITS
Ditulis oleh BERITANUSA/LIH
PDF Print E-mail

BERITANUSA - Beredarnya makanan dan minuman tak halal di pasaran patut diwaspadai. Namun, upaya pencegahan agar siswanya tetap mengonsumsi halal food, Siswa SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Surabaya bekerjasama dengan Pusat Kajian Halal ITS 10 Nopember Surabaya mengikuti sosialisasi.

Para anak didik Smamda Surabaya kelas X dan kelas XI mengikuti Sosialiasi Halal Food Di gedung Riset Center lantai 4 ITS 10 November Surabaya, pada Selasa (10/4/2018).

Dr.rer.nat Fredy Kurniawan, M.Si mengatakan kata halal di jaman now begitu hits, tapi tetap hati-hati mengonsumsi makanan dan minuman.

"Halal food sangatlah penting. Untuk itu, semua makanan dan minuman dibuat sedemikian rupa tanpa adanya sertifikasi halal. Ini untuk memfilter campuran terutama dari bahan kimia yang terkandung makanan dan minuman," urai Kepala Pusat Kajian Halal ITS 10 Nopember Surabaya.

Sebagai umat muslim, dalam surah Al Baqarah ayat 68 sudah jelas mengenai makanan yang harus dikonsumsi. "Makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan," katanya.

Yang diharamkan, lanjut pria yang akrab dipanggil Pak Fredy, diantaranya bangkai, darah yg keluar dari urat besar, babi dan daging yang disembelih atas nama selain Allah, khamar atau sesuatu yang memabukkan.

Setelah tahu, diharapkan para siswa-siswi SMA yang dipimpin Astajab, S.Pd memperhatikan faktor yang menyebabkab halal atau haram makanan dan minuman seperti asalnya dan prosesnya sebelum sampai menjadi makanan yang siap dikonsumsi.

Pentingnya halal jika dikonsumsi makanan dan minuman yg kita konsumsi akan menjadi darah. Namun, jika ragu akan makanan yang akan dimakan, para siswa tinggal melihat di kemasan produk yang ada logo Halal dari MUI.(LIH)

Ingin Tahu Halal Food, Siswa SMAMDA Datangi Pusat Kajian Halal ITS
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us