31
Mar 2018
Paus Cuci dan Cium Kaki 12 Tahanan, Termasuk 2 Muslim
Ditulis oleh BERITANUSA/NUH/TEMPO
PDF Print E-mail

BERITANUSA - Paus Fransiskus mencuci dan mencium kaki 12 tahanan di sebuah penjara Kota Roma, Italia, termasuk dua orang tahanan Muslim pada Kamis suci, 29 Maret 2018.

Tahanan lain adalah delapan orang beragama Katholik, satu Kristen Orthodox, dan satu Buddha. Mereka berasal dari Italia, Filipina, Moroko, Moldavia, Kolombia, dan Sierra Leone.

Mereka adalah tahanan di penjara Regina Coeli. Paus melakukan ritual kerendah-hati ini seperti yang diajarkan Yesus kepada 12 muridnya pada malam sebelum dia meninggal.

Paus Fransiskus lalu mengecam hukuman mati sebelum meninggalkan lokasi acara. “Hukuman yang tidak terbuka pada harapan tidak Kristiani dan tidak manusiawi. Setiap hukuman harus terbuka pada horizon harapan sehingga hukuman mati tidak Kristiani dan tidak manusiawi,” kat Paus.

Ini adalah tahun keenam Paus Fransiskus menggelar ritual di luar gedung Vatikan, berbeda dengan pendulunya. Kelompok konservatif mengkritiknya karena melibatkan perempuan dan non-Kristen dalam acara seperti ini.

Menurut situs Vaticannews, Paus Fransiskus kerap mengunjungi pusat tahanan, rumah orang jompo dan kaum disabilitas, serta kam pengungsi serta kelompok masyarakat termarjinalkan. “Ini merupakan kebiasaannya selama menjadi uskup agung di Buenos Aires, Argentina,” begitu dilansir situs Vaticannews.

Penjara Regina Coeli yang berarti Ratu Surga merupakan penjara tertua dari abad 17 di Kota Roma, Italia. Penjara ini menampung tahanan dari lebih 60 negara dan terletak dekat dengan gedung Vatikan di tepi sungai Tiber. Paus Fransiskus tiba di lokasi ini bersama sejumlah pengurus Vatikan.(*)

Paus Cuci dan Cium Kaki 12 Tahanan, Termasuk 2 Muslim
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us