23
Feb 2018
Bikin Prosesor 5G, Qualcomm Gandeng Samsung
Ditulis oleh METROTVNEWS/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Sejak akhir tahun 2017, pelaku industri smartphone dan internet telah membicarakan 5G, Qualcomm termasuk salah satu yang telah mendemonstrasikan kehebatan 5G di smartphone.

Dikutip dari Android Central, Qualcomm telah menyatakan bekerja sama dengan Samsung dalam proses produksi chipset ukuran 7nm yang akan dibenamkan modem 5G.

Alasannya karena Samsung telah memiliki teknologi pembuatan chipset 7nm LPP (Low Power Plus) EUV. Teknologi ini membuat chipset sekaligus ukuran prosesor menjadi lebih kecil sehingga menyediakan ruang lebih lega di dalam smartphone.

OEM atau vendor smartphone bisa memanfaatkan ruang tersebut untuk mengisinya dengan komponen teknologi lain, misalnya baterai yang lebih besar, atau malah membuat smartphone menjadi lebih tipis lagi.

Pihak Qualcomm dalam situsnya menyatakan apabila dibandingkan dengan teknologi chipset 10nm FinFET, teknologi Samsung 7nm LPP EUV ini meningkatkan efisiensi area sebanyak 40 persen dibarengi dengan performanya sebesar 10 persen dan konsumsi daya yang lebih rendah lagi mencapai 35 persen.

Dalam kerja sama ini, Qualcomm akan membenamkan modem X24 untuk chipset pertama mereka yang mengusung ukuran 7nm. X24 tidak lain adalah modem 4G LTE dengan kecepatan 2 GBps yang ditanamkan pada prosesor terbaru mereka Snapdragon 845.

Sementara chipset modem Snapdragon X50 kabarnya baru akan tampil di 2019. Dalam acara Mobile Word Congress (MWC) 2018 di Barcelona pada tanggal 26 Februari hingga 1 Maret 2018 nanti kemungkinan Qualcomm akan kembali menjabarkan rencana 5G di tahun ini dan selanjutnya.

Bikin Prosesor 5G, Qualcomm Gandeng Samsung
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us