23
Feb 2018
SUV Baru KIA Mengaspal Dalam Waktu Dekat
Ditulis oleh SEMISENA/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Sebagai salah satu produsen otomotif di segmen roda empat, KIA tentu juga tak ingin kalah saing dengan para kompetitornya. Apalagi saat ini pasar otomotif global semakin ketat.

Belum lama ini pabrikan asal Korea Selatan tersebut sudah menyatakan diri bakal melahirkan SUV baru yang mana nantinya akan dimulai dari pasar India. SUV baru buatan KIA itu berbasis model konsep SP yang sudah mendebut di Delhi Auto Expo pada Rabu (7/2/2018).

Jika melihat atas keterangan resminya, KIA sendiri pun juga telah mengatakan bahwa konsep SP terinspirasi warisan India dan dibekali teknologi canggih. Tujuannya tentu tak lain dan tak bukan guna menggoda konsumen muda yang mulai tertarik membeli SUV.

Jika melihat dari desainnya, wujud konsep SP tampak jelas menggunakan interpretasi baru tiger nose yang sudah jadi ciri khas KIA di sektor depan. Sedangkan di sisi lain, untuk bagian atap menggunakan warna berbeda dari bodi, sementara di belakang lampu menyipit dikombinasikan dengan knalpot ganda dan skid plate.

Tak berbeda jauh dengan model-model KIA terbaru lainnya, konsep SP dirancang oleh Chief Design Officer Kia Motor Corporation Peter Schreyer. Dalam keterangan resminya pun ia juga turut mengatakan versi produksi massal yang akan dimulai pada pertengahan 2019 nanti tidak akan terlalu jauh bedanya dari konsep SP.

Namun, satu hal yang cukup disayangkan bahwa saat ini tidak ada penjelasan dari pihak KIA sendiri soal spesifikasi teknis, termasuk mesin. Meski begitu sudah mulai muncul dugaan kuat yang mengatakan bahwa model produksi konsep SP menggunakan mesin bensin 1.0 L turbo atau diesel 1.6 L turbo. Sementara itu, di India sendiri, konsep SP kemungkinan bagian dari rencana Kia menghadang Hyundai Creta dan Renault Captur.

SUV Baru KIA Mengaspal Dalam Waktu Dekat
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us