20
Feb 2018
Meksiko Pesan Patung Raksasa Ir Soekarno dari Seniman Jogja
Ditulis oleh KRJOGJA/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Pematung Yusman dipercaya oleh Pemerintah Meksiko dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menilai lomba pembuatan patung Presiden RI pertama Ir Soekarno di Meksiko.

 

Rencananya patung Soekarno dengan tinggi total 3,2 meter berbahan perunggu akan dipajang di Taman Soekarno di Meksiko City, bersanding dengan patung Presiden AS Abraham Lincoln, dan Tokoh India Mahatma Gandhi dan Tokoh Martin Luther King Jr.

Yusman mengatakan, awalnya lomba diikuti oleh 10 seniman patung Meksiko kemudian diseleksi menjadi dua seniman yang akan mengerjakan proyek ini. Yusman telah menyiapkan model patung Soekarno yang akan dibawa ke Meksiko, sebagai acuan pembuatan patung sesungguhnya.

Menurut Yusman, keberadaan model Soekarno sangat penting karena membuat monumen tokoh bangsa tidak bisa sembarangan. Yusman sempat dilarang mengintervensi tentang bentuk/gaya patung Soekarno, namun ia tegas menolak.

"Bentuk patung tokoh tidak boleh sembarang, karena harus paham sejarah dan semangat yang melatarbelakanginya. Oleh karena itu saya buat maket untuk dicontoh," terang Yusman kepada wartawan di Studio Patung Yusman, Tegal Senggotan Tirtonirmolo Bantul, Senin (19/02/2018).

Maket patung Soekarno ukuran kecil yang dibuat Yusman, menggambarkan Soekarno saat membakar semangat bangsa Indonesia, mengumumkan Tri Komando Rakyat (Trikora) pembebasan Irian Barat di Alun-alun Yogyakarta tahun 1961, dengan tangan ke atas dan jari telunjuk berdiri. Soekarno mengenakan peci dan baju kebesarannya. Hal yang sangat diperhatikan Yusman adalah proporsi, anatomi, gerak, ciri khas dan karakter Soekarno yang berapi-api saat berpidato/berorasi.

Maket patung Soekarno akan dibawa Yusman ke Meksiko, 23 Februari mendatang. "Saya akan memastikan bahwa tidak ada yang salah dengan hasil akhir patung Soekarno, karena beliau adalah Presiden Pertama RI juga Proklamator yang sangat berjasa dan berarti bagi bangsa Indonesia," katanya.

Menurut  Yusman, banyak pelajaran yang bisa diambil generasi muda, bahwa bangsa lain (Meksiko) sangat  menghormati sosok Soekarno dan ingin mengabadikan dengan membuat sendiri. Sudah sepatutnya generasi muda Indonesia juga harus lebih mengenal dan mencintai pahlawan-pahlawannya. "Dengan mengenal pahlawan, akan memupuk rasa nasionalisme dalam diri," pungkasnya.

Meksiko Pesan Patung Raksasa Ir Soekarno dari Seniman Jogja
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us