14
Feb 2018
Ingin Punya WC di Rumah, Janda India Ikhtiar dengan Mengemis
Ditulis oleh TEMPO/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Seorang wanita di Bihar, India menjadi pengemis semata-mata untuk mengumpulkan dana guna membangun toilet di rumahnya.

Amina Khatoon, warga desa Pathra Uttar, distrik Supaul, Bihar, India, meminta bantuan tetangganya untuk berkontribusi dalam pembangunan fasilitas tersebut. Tersentuh oleh usahanya, beberapa buruh bersedia bekerja secara gratis guna membangunkan toilet untuknya. Bahkan, tindakannya juga mendapat pujian dari pihak berwenang setempat dan Amina merayakan keberhasilannya dalam sebuah upacara khusus di desanya.

Janda berusia akhir 40-an itu dan merupakan ibu dari seorang anak, selama ini bekerja sebagai buruh untuk menopang hidupnya.

Menurut Amina, ia telah menemui beberapa pejabat pemerintah untuk mendapatkan dana guna membangun toilet namun permintaannya tidak diindahkan. Meskipun ada dukungan nasional untuk membangun toilet, namun pejabat pemerintah di Bihar menolak untuk mengalokasikan dana untuknya.

Setelah itu, dia memutuskan untuk meminta bantuan tetangganya untuk memenuhi keinginannya memiliki toilet di rumahnya.

Bihar berada di dalam zona merah buang air besar di tempat terbuka di India. Jutaan orang di Bihar masih mempraktikkan buang air besar terbuka, bukan di toilet, dan tidak satu kabupaten dinyatakan bebas dari perilaku ini. Tapi pemerintah negara bagian telah menargetkan Bihar bebas buang kotoran di ruang terbuka pada tanggal 2 Oktober 2019.

Ingin Punya WC di Rumah, Janda India Ikhtiar dengan Mengemis
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us