09
Feb 2018
Empat Kandidat Terkuat Gubernur Bank Indonesia
Ditulis oleh KONTAN/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA –  Menjelang pergantian Gubernur Bank Indonesia (BI) April mendatang, sudah ada empat nama yang masuk dalam bursa pencalonan.

Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi mengatakan, keempat nama tersebut adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro, Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri, Deputi Gubernur Perry Warjiyo dan Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo yang masuk kembali dalam pencalonan.

Gubernur BI Agus Martowardojo yakini transisi kepemimpinannya berlangsung mulus "Semua calon sudah disampaikan ke Presiden dan Wakil Presiden, dan masih dibicarakan," ungkapnya di Istana Wakil Presiden, Jumat (9/2).

Menurutnya, Presiden Joko Widodo sudah tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing calon. Tapi, Presiden belum memutuskan nama yang akan dipilih. Sebab, kelebihan dan kurangan dari masing-masing calon itu akan disesuaikan dengan situasi dunia. Terlebih ketidakpastian Amerika Serikat saat ini terkait rencana kenaikan bunga acuan juga perlu diperhitungkan.

"Jangan sampai berakibat ke Indonesia juga. Begitu juga dengan tahun ini yang merupakan tahun politik tak boleh terpengaruh," kata Sofjan. Menurutnya, kondisi moneter harus dijaga betul-betul agar ekonomi Indonesi tetap stabil.

Untuk itu, BI harus terpisah dengan pemerintah, karena masuk ranah moneter. Pemerintah juga harus mencari Gubernur BI yang bisa bekerja sama dengan Menteri Keuangan, karena fiskal dan moneter penting sekali. "Jadi sekarang tinggal nunggu keputusan Presiden saja mau milih siapa," ucapnya.

Empat Kandidat Terkuat Gubernur Bank Indonesia
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us