08
Feb 2018
SD Muhammadiyah 26 Ajarkan Matematika dengan Metode Bermain
Ditulis oleh ND/FIN
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Mapel (mata pelajaran) Matematika tak selamanya menjadi momok bagi siswa jenjang SD. Anak didik SD Muhammadiyah 26 Surabaya misalnya, telah membuktikan matematika bisa sangat menyenangkan.


Hal ini tak terlepas berkat sang guru yang menggunakan metode inovatif sehingga matematika menjadi mapel yang mengasyikkan. Saat di kelas mengajarkan Tematik mengenal bangun datar, guru menggabungkan unsur SBK dan Matematika.  

Ustadzah Rini yang sedang mengajari siswa nya belajar mengenalkan bangun datar dengan memberikan tugas ketrampilan menebali gambar adanya garis putus-putus yang berbentuk garis lengkung, garis lurus, dan garis bergelombang.

Sebelum pelajaran dimulai pun anak2 sudah heboh menanyakan "Ustadzah, ini buat apa"  Lalu Ustadzah Rini menjelaskan runtutan yang harus dikerjakan anak-anak.

"Pertama perhatikan garis putus-putusnya. Lalu ditebali. Kemudian di warnai sesuka hati kalian. Setelah diwarnai lalu kalian gunting gambar nya sesuai garisnya dan ditempel kembali di kertas yg us.rini bagikan. Bisa dimengerti anak-anak?," jelas Rini secara detail meminta anak didiknya menyelesaikan pekerjaannya.

"Jelas us" sahut siswa kelas 1c dg antusias tak sabar mewarnai dan menggunting.

Entah kenapa bermain warna dan bermain gunting tempel menjadi hal yang sangat menarik bagi anak2 kelas 1.  Mungkin memang dunia anak kelas 1 dunianya masih dunia bermain.  Memang itulah bahagia nya belajar sambil bermain di kelas.

"Selamat mengerjakan nak, semoga kalian jadi anak sukses yang membanggakan kedua orangtua dan guru2mu ini" pesan sang guru menyemangati murid-muridnya. (Finna R)

SD Muhammadiyah 26 Ajarkan Matematika dengan Metode Bermain
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us