25
Jan 2018
Malta Keluarkan Paspor Gender Netral
Ditulis oleh KRJOGJA/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Pemerintah Malta untuk pertama kalinya mengeluarkan paspor dengan identitas gender netral dengan simbol 'X' pertama.

Perubahan tersebut dimungkinkan setelah Parlemen Malta menyetujui Undang-undang Identitas gender yang mulai disahkan pada 2015 dan mulai berlaku September lalu.

Peristiwa bersejarah itu disampaikan oleh Menteri Reformasi Parlemen Malta Julia Farrugia Portelli di laman Facebooknya. Portelli adalah menteri yang bertanggung jawab atas reformasi di pemerintahan. Termasuk Identity Malta, atau identitas malta, badan yang mengawasi pengeluaran paspor, izin tinggal dan dokumen identitas lainnya.

Dalam pengumumannya, Portelli menyatakan penerbitan paspor dengan identitas gender netral "X' menandai langkah kesetaraan gender yang lebih luas di Malta.

"Identitas Malta mengeluarkan kartu identitas dan paspor pertama dengan tanda 'X'. Perkembangan menuju kesetaraan gender yang lebih luas, yang berdampak pada kehidupan banyak orang," tulis Portelli.

Perubahan tersebut memungkinkan individu mengajukan dokumentasi gender netral. Setelah diperkenalkan pada September lalu, pemerintah melakukan perubahan yang diperlukan pada sistem dan piranti yang digunakan Identitas Malta.

Para pemohon hanya diminta bersumpah di hadapan notaris dan melengkapinya dalam aplikasi standar. saat peluncuran program tersebut September lalu, Menteri Kesetaraan Malta Helena Dalli menggambarkan opsi baru tersebut seperti memberikan orang surat izin untuk menjadi diri sendiri.

Malta Keluarkan Paspor Gender Netral
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us