22
Jan 2018
WhatApp Segera Pasang Alat Khusus Tangkal Berita Palsu
Ditulis oleh METROTVNEWS/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA –  WhatsApp mencoba mengambil langkah penting untuk menghentikan penyebaran berita palsu.

Laporan terkait sistem notifkasi baru yang memperingatkan pengguna WhatsApp bahwa mereka berisiko menyebarkan pesan spam beredar di internet. Saat mendeteksi bahwa pesan telah diteruskan beberapa kali, sistem akan memperingatkan pengguna WhatsApp bahwa pesan berpotensi sebagai spam.

Berita palsu telah menjadi permasalahan yang terjadi di berbagai penjuru dunia, dan WhatsApp turut menjadi platform yang terpengaruh oleh masalah ini. Menyebar pesan spam melalui WhatsApp telah menjadi permasalahan besar selama beberapa tahun terakhir.

Untuk mengurangi penyebaran berita palsu, WhatsApp kini menguji fitur yang akan memperingatkan pengguna yang meneruskan pesan, bahwa pesan tersebut diperkirakan sebagai spam. Peringatan ini hanya akan muncul jika pesan diteruskan sebanyak 25 kali.

Jika pengguna perlu mengirimkan pesan tunggal ke lebih dari 25 kontak, WhatsApp memiliki fitur bertajuk Broadcast List. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan pesan ke sejumlah pengguna lain, namun hanya untuk rekan dengan nomor ponsel di daftar kontak.

Fitur baru tersebut saat ini tengah diuji pada WhatsApp versi iOS. Masih belum jelas cara perusahaan yang kini dinaungi Facebook, untuk menghentikan penyebaran pesan spam ini di kalangan penggunanya.

Sebelumnya, WhatsApp resmi meluncurkan WhatsApp Business dan telah tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini ditawarkan untuk dapat diunduh secara gratis, dan baru tersedia di wilayah tertentu. WhatsApp Business baru masuk sejumlah negara seperti Indonesia, Italia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat.

WhatApp Segera Pasang Alat Khusus Tangkal Berita Palsu
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us