14
Jan 2018
Lagi! PSSI Berencana Kirim Pemain ke Italia
Ditulis oleh BERITANUSA/NUH/TEMPO
PDF Print E-mail

BERITANUSA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana mengirimkan 30 pemain muda Indonesia ke Italia untuk berlatih. Rencana ini terinspirasi dari kesuksesan generasi Primavera 1993-1994 dan 1994-1995 yang dinilai cukup berhasil mengembangkan potensi pemain Timnas Indonesia.

"Ini sedang kita rencanakan. Pemain di usia 15 tahun yang kita siapkan, yang kita rencanakan nanti mereka berlatih di luar Indonesia," kata Ketua PSSI Edy Rahmayadi, saat ditemui usai Kongres PSSI di International Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang, Sabtu, 13 Januari 2018.

Program ini merupakan bagian dari program ambisius PSSI untuk mengembangkan pemain muda. Dalam kongres itu, PSSI menargetkan kejayaan sepak bola Indonesia pada tahun 2045 mendatang. Untuk menuju ke sana, sejumlah capaian prestasi ditargetkan dapat tercapai pada 2024 hingga 2034.

Para pemain usia muda menjadi target PSSI untuk dikembangkan."Kita kejar ke sana. Mudah-mudahan dengan begitu banyaknya talenta anak-anak kita ini terjawab," kata Edy.

Meski begitu, Edy mengatakan rencana ini masih harus dibahas kembali bersama Komite Eksekutif PSSI. Sedangkan Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan wacana ini masih dikaji konsepnya. Pasalnya, perencanaannya harus dibuat secara benar untuk memastikan para pemain bisa bertahan hingga target PSSI di 2024 mendatang. "Pengkajian butuh waktu tiga sampai empat bulan," kata Tisha.

Sebelumnya, proyek sudah pernah dilakukan PSSI. Pada 1980-an, sempat muncul program Binatama yang mengirimkan pemain lokal ke Brasil untuk berlatih. Pada tahun 1990-an muncul program Primavera yang menelurkan pemain seperti Kurniawan Dwi Yulianto dan Bima Sakti.

Terakhir, program pengembangan Timnas Indonesia semacam ini muncul pada 2008 dengan nama Sociedad Anonima Deportiva (SAD Indonesia). Puluhan pemain U-16 dikirm ke Uruguay untuk mengikuti kompetisi lokal di sana.(*)

Lagi! PSSI Berencana Kirim Pemain ke Italia
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us