10
Jan 2018
Mendongeng, Media Belajar Tematik
Ditulis oleh BERITANUSA/IID
PDF Print E-mail

BERITANUSA - Dalam belajar untuk memperoleh ilmu, para siswa tidak hanya melalui buku dan memperhatikan guru menulis di papan tulis saja.

Namun, anak didik kelas 1 Bintang SD Muhammadiyah 2 Gresik Kota Baru menggunakan media boneka, pada Selasa (09/01/2018).

Dengan arahan Wali Kelas 1 Bintang, Ustadzah Imroatus Sholikha S.Pd.I, para siswa SD yang biasa disebut Berlian School ini dibawa ke perpustakaan.

Kemudian Sang Guru Kelas menerapkan pembelajaran tematik tentang nilai moral pada sila kedua pancasila dengan menggunakan media panggung mendongeng beserta boneka tangan.

Mendongeng yang merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang mampu memberikan manfaat untuk menumbuhkan karakter siswa serta mampu merangsang kreatifitas anak.

Pembelajaran ini terlihat pada saat anak-anak sangat tenang dan sangat antusias dalam mendengarkan dongeng yang diceritakan.

Tidak hanya itu, untuk mengolah kreatifitas siswa, Ustadzah iim juga menunjuk beberapa anak yang berani untuk mencoba bermain peran dengan boneka tangan tersebut, Manggala dengan boneka gajah memainkan karakter suka membantu.

Lalu, Nikita dengan boneka monyet memainkan karakter sedikit sombong dan Naila dengan boneka kelinci memainkan karakter yang bijaksana.

Mereka bertiga berkolabarasi dengan semangat mulai mendongeng memainkan boneka tangan dengan karakter masing-masing.

Dipenghujung cerita anak-anak diminta untuk menarik kesimpulan dari cerita yg dimainkan teman-temannya tersebut.

Menurut Ustadzah iim, dengan mendongeng anak-anak akan lebih mudah mencerna nilai-nilai positif. "Kandungan dalam sebuah cerita tersebut sebab mereka dapat belajar dengan cara yang menyenangkan yang disertai dengan imajinasi," tutur beliau pada tim redaksi online, Beritanusa.(IID)

Mendongeng, Media Belajar Tematik
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us