04
Jan 2018
Jadi Juara Moto2, Franco Morbidelli Harumkan Brasil-Italia Sekaligus
Ditulis oleh JUARA/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Pebalap tim Marc VDS, Franco Morbidelli, menjadi pebalap keturunan Brasil pertama yang menjadi juara dunia.

Seperti diketahui, Franco Morbidelli berhasil keluar sebagai juara dunia Moto2 2017 yang membuat dia mendapat promosi ke kelas MotoGP pada 2018.

Franco Morbidelli memang memiliki darah Brasil dari ibunya, sedangkan sang ayah merupakan asli Italia. Sebelumnya, hanya Carlos Lavado (2x juara 250cc - 1983 dan 1986) dan Johnny Cecotto (juara dunia 350cc tahun 1975), pebalap Benua Amerika Selatan yang menjadi juara dunia.

Meski berkewarganegaraan Italia, Franco Morbidelli juga bangga dengan darah Brasil yang mengalir pada dirinya. "Semua orang tahu ikatan kuat saya dengan negara ini karena saya merasa sedikit Brasil," kata Franco Morbidelli pada acara Marc VDS di Brasil, 11 Juli 2017.

"Sangat istimewa bagi saya untuk kembali ke Brasil, rumah ibu saya dan merasakan dukungan dari fan Brasil. Saya berharap bisa segera kembali, siapa tahu kalau bisa untuk balapan MotoGP."

Carlos Lavado dan Johnny Cecotto, keduanya berasal dari negara Venezuela. Brasil sendiri juga memiliki pebalap terbaik yakni Alex Barros yang 17 musim berkompetisi di kelas premier.

Kemenangan pertama Barros di kelas premier datang saat seri terakhir GP500 di Sirkuit Jarama, Spanyol, tahun 1993 bersama motor Suzuki. Karier Alex Baros di kelas premier berakhir pada 2007 bersama tim Pramac Racing. Selama berkarier di kelas premier, Alex Barros memiliki catatan 4 kemenangan kelas 500cc dan 3 kemenangan di kelas MotoGP dengan 32 podium.

Jadi Juara Moto2, Franco Morbidelli  Harumkan Brasil-Italia Sekaligus
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us