02
Jan 2018
Stempel Gubernur Yerusalem berusia 2.700 tahun Ditemukan
Ditulis oleh MERDEKA/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Tim arkeolog Israel mengklaim telah menemukan stempel tanah liat berusia 2.700 tahun yang dipercayai milik gubernur kota Yerusalem pada masa itu.

Artefak tersebut bertuliskan 'milik gubernur kota' dalam bahasa Ibrani kuno. Benda itu diduga menempel dalam paket atau dikirim sebagai cindera mata atas nama pemimpin kota Yerusalem. Gubernur adalah jabatan tertinggi bagi umat di Yerusalem pada waktu itu, kata badan Otoritas Antik Israel.

Stempel tersebut berukuran sebesar uang koin logam. Bergambar dua orang tengah berdiri saling berhadapan dengan posisi sama dan mengenakan jubah selutut. Para arkeolog mengaku menemukannya di dekat Tembok Ratapan, kawasan Kota Tua Yerusalem.

"Penemuan itu membuktikan pernyataan kitab suci akan keberadaan gubernur di kota Yerusalem sekitar 2.700 tahun lalu," kata Otoritas Antik Israel mengutip arkeolog Shlomit Weksler-Bdolah.

Mereka menyebut Gubernur Yerusalem, yang ditunjuk oleh seorang raja, dua kali disebutkan dalam kitab suci mereka. Penyebutan pertama ada di bagian Kitab Para Raja. Penyebutan kedua berada di bagian Kitab Kejadian.

Pengungkapan penemuan itu terjadi beberapa pekan setelah Amerika Serikat mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Pernyataan Presiden Trump itu menuai kecaman nyaris dari seluruh dunia.

Stempel Gubernur Yerusalem berusia 2.700 tahun Ditemukan
 


Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us