01
Jan 2018
Polri: Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru Malam Ini
Ditulis oleh BERITANUSA/NUH/LIPUTAN6
PDF Print E-mail

BERITANUSA - Sebagian warga DKI Jakarta memilih pulang kampung dan berekreasi di luar kota pada saat merayakan malam pergantian tahun. Puncak arus balik libur tahun baru diprediksi akan terjadi pada Senin (1/1/2018) malam ini.

"Arus balik kita prediksi puncaknya hari ini. Nanti malam sampai besok pagi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (1/1/2018).

Menurut dia, pada arus balik ini diperkirakan akan terjadi peningkatan volume kendaraan yang menuju Jakarta dari sejumlah kota. Peningkatannya bisa lebih dari 50 persen.

"Yang jelas 60 persen dari angka yang kemarin meninggalkan Jakarta," ucap mantan Kapolres Jakarta Utara itu.

Rutinitas warga yang kembali sedia kala esok hari diperkirakan menjadi penyebab puncak arus balik.

"Karena besok mayoritas seluruh instantisi kelembagaan, swasta, dan lain-lain sudah mulai normal," ujar Iqbal.

Peningkatan Signifikan

Pada periode arus balik tahun baru 2018 tanggal 31 Desember 2017, Jasa Marga mencatat volume lalin arah Jakarta belum terjadi peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan kondisi lalin normal. Berikut detailnya:

- Melalui GT Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek tercatat volume lalin 65.629 kendaraan. Angka ini naik 15,14 persen dari prediksi sebanyak 57.000 kendaraan, namun turun sebesar 23,69 persen dari lalin normal 86.000 kendaraan.

- Melalui GT Cileunyi Jalan Tol Purbaleunyi tercatat volume lalin 26.758 kendaraan. Angka ini naik sebesar 0,34 persen dari kondisi normal 26.667 kendaraan.(*)

Polri: Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru Malam Ini
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us