29
Des 2017
Terdorong Iba, Sarathkumar Nekat Menggendong Anak Gajah
Ditulis oleh LIPUTAN6/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – Seorang penjaga hutan di Tamil Nadu, India Selatan, Palanichamy Sarathkumar mendapat predikat pahlawan, gara-gara tindakannya yang menyelamatkan nyawa seekor anak gajah.

Penjaga hutan berusia 28 tahun itu rela mengendong bayi gajah yang jatuh ke selokan dan terpisah dari induknya. Padahal, meski masih kecil, berat anak hewan itu melampaui bobot tubuhnya.

Tak hanya banjir pujian dan dukungan, banyak orang mempertanyakan bagimana bisa ia menggendong gajah seberat itu.

"Memang berat sekali. Aku sekonyong-konyong menggendongnya," kata dia seperti dikutip dari BBC, Jumat (29/12/2017).

Sarathkumar mengaku, warga desanya juga penasaran soal itu. "Terus terang, aku takut kehilangan keseimbangan. Namun, rekan-rekanku membantu, dengan menahan anak gajah itu dan membantuku menggendong hewan tersebut."

Sarathkumar adalah satu dari tim penjaga hutan yang ditempatkan di Mettupalayam, yang berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Ooty di Tamil Nadu. Hari itu, Selasa 12 Desember 2017, Sarathkumar mendapat panggilan tugas mendadak. Padahal, ia baru pulang usai tugas malam.

"Penelepon menginformasikan bahwa seekor gajah betina memblokir jalan dekat Kuil Vanabhadra Kaliamman," kata dia.

Pria itu menambahkan, ia dan para koleganya berhasil mengembalikan gajah dewasa itu ke hutan, dengan menggunakan petasan. Tim kemudian menyisir area, untuk mencari keberadaan gajah lain.

"Kami melihat anak gajah terjebak di dalam parit kecil," kata dia. "Hewan itu dalam kondisi lelah dan bingung. Kami pun memindahkan batu besar yang menghalangi jalan keluarnya."

Sarathkumar menambahkan, ia dan rekan-rekannya lantas menyadari, anak gajah itulah alasan mengapa betina dewasa resah hingga memblokir jalan. Mereka pun ingin segera menyatukan induk dan anaknya itu. Namun, gajah kecil itu terlalu lemah. Ia tak mampu berjalan dengan empat kakinya.

"Awalnya, kami berempat menggendongnya," kata Sarathkumar. "Kami ingin membawanya ke seberang jalan, mempertemukannya dengan sang induk."

Namun, mereka berpotensi diserang sang induk gajah yang tak jauh dari sana. "Jadi, daripada kami berempat menghadapi risiko, aku memutuskan untuk menggendongnya sendiri," kata dia.

Setelah menggendong hewan itu sejauh 50 meter, Sarathkumar meletakkan anak gajah di dekat danau, berharap sang induk akan menemukannya. "Kami menanti beberapa jam, namun gajah itu tak muncul. Khawatir kehadiran manusia membuatnya ragu, kami pun beranjak pergi," kata Sarathkumar.

Terdorong Iba, Sarathkumar Nekat Menggendong Anak Gajah
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us