29
Des 2017
Laba Apple Meningkat, Gaji Tim Cook Tembus Rp1,38 Triliun
Ditulis oleh OKEZONE/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA – CEO Apple, Tim Cook menerima kenaikan 74% dalam bonus tahunannya untuk tahun fiskal 2017. Hal ini diraih Cook karena ia membukukan pendapatan dan laba bersih perusahaan yang lebih tinggi ketimbang sebelumnya.

Insentif Cook kini mencapai USD9,33 juta atau sekira Rp126 miliar untuk tahun fiskal yang berakhir pada 30 September. CEO Apple itu juga berhak atas gaji USD3,06 juta dan penghargaan ekuitas sebesar USD89,2 juta, sehingga total penghasilan Cook untuk tahun ini mencapai USD102 juta atau sekira Rp1,38 triliun.

Bos lainnya juga mendapatkan bonus masing sekira USD3,11 juta sehingga total kompensasi mereka masing-masing sekira USD24,2 juta. Apple telah meningkatkan kinerja saham, yang meningkatkan potensi pendapatan bagi para eksekutif di masa depan.

Saham Apple meningkat 39% pada tahun fiskal 2017, lebih dari dua kali lipat dari S & P 500 (indeks 500 perusahaan dengan modal besar). Bonus bagi para eksekutif Apple ini telah melebihi target perusahaan karena Apple berhasil mendulang penjualan dan target pendapatan operasional.

Untuk pertama kalinya, Cook juga akan melakukan perjalanan dengan pesawat pribadi. Perjalanan ini sendiri tak ada kaitannya dengan bisnis perusahaan.

Dewan Apple telah menetapkan aturan yang dipublikasikan Rabu (27/12) waktu setempat, bahwa seorang CEO harus menggunakan pesawat pribadi baik untuk perjalanan bisnis maupun pribadi demi keamanan.

Sayangnya, Chief Design Officer Jony Ive tak disebut dalam daftar eksekutif perusahaan yang mendapat insentif tahunan itu. Padahal Ive dianggap banyak orang sebagai karyawan terpenting perusahaan. Demikian seperti dilansir Bloomberg, Jumat (29/12/2017).

Laba Apple Meningkat, Gaji Tim Cook Tembus Rp1,38 Triliun
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us