29
Des 2017
Perjalanan Penuh Liku Sang Bek Termahal Dunia
Ditulis oleh BOLANET/ND
PDF Print E-mail

BERITANUSA  -- Virgil van Dijk menjadi bek termahal di dunia setelah dibeli Liverpool dari Southampton dengan nilai tranfer sebesar 75 juta poundsterling. Harga fantastis Van Dijk tersebut pun menjadi pembicaraan hangat.



Van Dijk meneken kontrak baru berdurasi enam tahun dengan Southampton tahun lalu setelah didatangkan dari Celtic dengan biaya transfer 13 juta poundsterling pada September 2015.

Meski tidak ada keraguan mengenai kualitas Van Dijk, jumlah nilai transfer untuk pemain yang tidak tampil di kemampuan terbaiknya musim ini tersebut tetap mengejutkan sebagian pihak.

Bahkan, kepindahan Van Dijk dari Soton ke Liverpool diibaratkan sebuah drama oleh media Inggris. Tepat pada Rabu (27/12), dua hari setelah perayaan Natal dan hanya hitungan jari menjelang momen pergantian tahun menuju 2018, Liverpool akhirnya resmi mengumumkan Van Dijk akan mulai menjadi penghuni tetap barisan pertahanan Anfield mulai 1 Januari 2018.

Bagi para penggemar Liverpool, proses kepindahan Van Dijk menjadi sebuah drama tersendiri yang memainkan emosi mereka. Media lokal Inggris tentu saja menjadi narator yang fasih melafalkan saga transfer Van Dijk-Liverpool-Southampton.

Pada pengujung musim 2016/2017, nama Van Dijk ramai disebut-sebut menjadi salah satu pemain incaran utama pelatih Juergen Klopp untuk memperkuat Liverpool demi ambisi membangun kembali kejayaan klub Merseyside itu. Sayang, proses kepindahan Van Dijk sempat terganjal masalah ancaman dari kubu Soton. Hambatan proses transfer rupanya tak menghentikan keinginan Van Dijk berlabuh di Liverpool.

Kepindahan Van Dijk ke Liverpool ikut membuat legenda hidup Newcastle United Alan Shearer berkomentar. Menurut dia, pembelian Van Dijk tersebut terlalu mahal.

"Van Dijk pemain bagus, ya, tapi untuk 75 juta poundsterling? Tidak, ia sama sekali tidak pantas dihargai sebesar itu," kata Shearer seperti dilansir dari Express.co.uk, Kamis (28/12).

Shearer menyebut, Liverpool terlalu frusrtasi ingin membenahi lini pertahanan mereka, terutama setelah performa Dejan Lovren yang mendapat hujan kritik. Shearer mengatakan, Southampton bisa menetapkan harga berapa pun karena Liverpool sangat ingin mendapatkan bek tengah.

"Semua orang tahu mereka putus asa, kita semua sudah melihatnya beberapa kali pada musim ini," ujar Shearer.

Kubu Liverpool sebetulnya tidak mengumumkan besaran nilai transfer Van Dijk, tapi Southampton mengumumkan rekor dunia baru untuk pemain bertahan. Media Inggris melaporkan, nilai transfer sang pemain adalah 75 juta poundsterling.

"Liverpool telah mencapai kesepakatan dengan klub pesisir selatan, dan sang pemain sendiri, yang akan membuat pemain bertahan berusia 26 tahun itu pindah ke Anfield ketika bursa transfer kembali dibuka pada 1 Januari 2018," begitu pernyataan manajemen Liverpool dalam pernyataannya.

Masih mengacu dari pernyataan kubu the Reds, nantinya pemain internasional Belanda tersebut akan mengenakan jersey bernomor punggung empat setibanya di Anfield.

Perekrutan Van Dijk ini akan menjadi transfer penting bagi Liverpool yang masalahnya kerap terjadi di lini belakang separuh musim ini. Kondisi barisan belakang klub asal pelabuhan itu berbanding lurus dengan ketajaman di lini depan.

Van Dijk yang tidak pernah menyembunyikan kekagumannya terhadap Liverpool mengaku senang sekaligus bangga direkrut si Merah. "Merupakan hari yang membanggakan bagi saya. Sebab, saya bergabung dengan salah satu klub terbesar di dunia sepak bola!" kata Van Dijk lewat akun Twitter-nya.

Harga fantastis Van Dijk dari Soton ke Liverpool sekaligus menambah daftar panjang rekor bek termahal dunia. Sebelumnya, nilai transfer besar dihabiskan Manchester City untuk mendapatkan Kyle Walker sebesar 53 juta poundsterling dari Tottenham Hotspur musim panas lalu.


Rekor bek termahal dunia:

- Jaap Stam ke Manchester United sebesar 10,6 juta poundsterling (1998)

- Lilian Thuram ke Juventus sebesar 22 juta poundsterling (2001)

- Rio Ferdinand ke Manchester United sebesar 30 juta poundsterling (2002)

- David Luiz ke PSG sebesar 50 juta poundsterling (2014)

- Kyle Walker ke Manchester City sebesar 53 juta poundsterling (2017)

- Virgil van Dijk ke Liverpool sebesar 75 juta poundsterling (2017)

Perjalanan Penuh Liku Sang Bek Termahal Dunia
 

Polling

Yakinkah Anda Indonesia Akan Lebih Baik Dibawah Kepemimpinan Jokowi-JK?
  Results

Follow us